09 April 2021, 07:41 WIB

Mantan Pemain Prediksi PSM Unggul 2-1 Kontra PSIS


Lina Herlina | Sepak Bola

PSM Makassar akan melakoni laga perempat final Piala Menpora menghadapai PSIS Semarang, Jumat (9/4) petang pukul 18.15 Wib, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Banyak harapan untuk tim Ramang Junior ini setelah melewati babak penyisihan grup.

Salah satunya datang dari mantan pemain PSM Makassar Yopie Lumoindong. Dia memberikan catatan dan analisisnya sebelum kedua tim memperebutkan tiket ke semifinal Piala Menpora.

Baginya, anak asuhan Syamsuddin Batola, yang sukses maju ke delapan besar merupakan motivasi yang cukup bagus bagi para pemain PSM yang mengandalkan pemain dan pelatih lokal.

"Jika ingin tampil lebih baik dalam pertandingan berikut, saran Yopie, PSM harus tampil konsisten, kolektif, dan seirama," seru Yopie.

Meski menurutnya di atas kertas, berdasarkan rekor pertandingan, PSIS memang jauh lebih unggul. Dari tiga kali pertandingan babak penyisihan grup, kesebelasan berjuluk Laskah Mahesa Jenar itu mengantongi dua kali menang dan sekali seri, mengumpulkan 7 poin. Sementra PSM mengantongi hanya 5 poin saja, dengan sekali menang dan dua kali seri.

"Jika melihat produktivitas gol, jelas PSIS jauh lebih produktif dan subur. Artinya, pola permainan kesebelasan milik PT Mahesa Jenar itu mayoritas tampil offensive," menurut Yopie.

Hanya saja, dari sisi PSM, yang produktivitas gol yang minim, bisa merupakan salah satu strategi menghadapi lawan.

"Kalau soal produktivitas gol PSM memang kurang itu merupakan strategi bermain turun bertahan dan melakukan serangan baik. Apalagi PSM memiliki pemain yang berkualitas dengan kecepatan yang bagus di depan. Ini ajang uji coba dan penampilan PSM dengan para pemain lokalnya sangat lumayan," kata Yopie.

Tiga pemain PSM, lanjut Yopie, memiliki kualitas yang bagus saat melakukan serangan balik, yaitu Yacob Sayuri, Patrich Wanggai, dan gelandangnya.

"Kalau dia bermain dari kaki ke kaki, bagus juga, terutama dalam pengisian posisi. Hanya memang, jauh lebih bagus jika melakukan serangan baik. Kalau dia konsistensi bermain, pasti menghasilkan gol," lanjutnya.

baca juga: PSIS vs PSM, Ajang Unjuk Gigi Pemain Muda dan Lokal

"Saya berharap pelatih Syamsuddin Battola menginstruksikan pemainnya 60% melakukan serangan balik. Sesuai dengan strategi yang power full. Itu, dia punya kelebihan, jadi bukan dia mundur bertahan untuk bertahan. Tidak, itu bagian dari strategi untuk melakukan serangan balik. Di satu sisi, dia juga aman bertahan," sambung Yopie yang berharap tim ayam jantan ini bisa meraih kemenangan.

Dia pun menekankan, jika lihat dari indikator golnya yang kurang bukan persoalan.

"Yang penting dia terus maju. Ya, saya perkirakan 2-1 untuk keunggulan PSM. Kita dukung," pungkas Yopie. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT