07 April 2021, 18:51 WIB

Ansan Greeners Sebut Asnawi Layaknya Son Heung-min


Widhoroso | Sepak Bola

BINTANG terang sepertinya akan menaungi kipras Asnawi Mangkualam di kompetisi sepak bola Korea Selatan (Korsel). Perlahan demi perlahan, Asnawi mulai dipercaya untuk tampil mengisi susunan skuat inti Ansan Greeners, klub Divisi 2 Liga Korsel

Setelah tampil pada Piala FA menghadapi klub kasta keempat, Asnawi juga mencatatkan debut di K League 2. Dengan pencapaian itu, keyakinan akan Asnawi bisa beradaptasi dengan iklim sepakbola Korea Selatan makin naik. Para pengurus Ansan Greeners bahkan tidak ragu menyebut Asnawi sebagai Son Heung-Min, bintang Korsel yang kini bermain di Tottenham Hotspur, bahkan Park Ji-sung, mantan pemain Manchester United.

Eks PSM Makassar dinilai turut mengangkat citra Ansan Greeners. Sepakbola Korea Selatan jadi dikenal sampai Indonesia, karena keberadaan Asnawi di Ansan Greeners. Situasi ini menyerupai Son dan Park, yang keduanya membawa nama besar sepakbola Korea Selatan hingga dipandang di level Eropa, hingga dunia.

Dalam skala yang lebih kecil, Kim Gil-sik sebagai pelatih Ansan Greeners melabeli Asnawi dengan hal serupa. "Ketertarikan kepada Asnawi sungguh luar biasa. Ini seperti halnya Son Heung-min, dari Indonesia," ucap Gil-sik.

"Kecepatan dan mobilitas dia adalah kekuatan. Secara khusus, dia memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap bola. Jika bola dicuri, bola akan mengikuti sampai akhir dan mengambilnya," urai Gil-sik.

Pamor Asnawi telah mengangkat klub di media sosial, karena ketertarikan yang besar dari penggemar sepakbola dari Indonesia. Keberadaan Warga Negara Indonesia (WNI) turut membantu adaptasi Asnawi selama tinggal di Ansan.

Asnawi sendiri merasa berlebihan jika dirinya disamakan dengan Park Ji-sung. Para pengurus Ansan teringat bagaimana Park membuat masyarakat Korea Selatan mulai menyaksikan Manchester United, sama halnya dengan Asnawi, yang membuat masyarakat Indonesia menaruh perhatian pada Ansan Greeners.

"Park Ji-sung adalah legenda. Menyebarkan sepakbola Asia di pentas Eropa. Perbedaan antara saya dan Park Ji-sung sangat besar, tetapi saya juga bermimpi memasuki Eropa," tegas Asnawi. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT