25 March 2021, 05:52 WIB

Protes Qatar, Timnas Norwegia Kenakan Kaos Dukung HAM


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PARA pemain timnas Norwegia, Kamis (25/3) dini hari WIB, mengenakan kaos bertuliskan 'Hak asasi manusia, di dalam dan di luar lapangan' sebagai dukungan untuk para pekerja migran yang tengah membangun venue Piala Dunia 2022 di Qatar.

Para pemain Norwegia mengenakan kaos itu saat lagu kebangsaan dimainkan sebelum kick-off laga kualifikasi Piala Dunia melawan Gibraltar.

Aksi para pemain Norwegia itu muncul seiring perdebatan terkait pelanggaran HAM di Qatar yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Baca juga: Prancis Ditahan Ukraina di Laga Kualifikasi Piala Dunia

Pada Selasa (23/3), pelatih Norwegia Staale Solbaken mengatakan skuatnya akan menjadikan laga kualifikasi Piala Dunia itu untuk mengungkapkan sikap mereka atas pelanggaran HAM di Qatar.

"Kami tengah menyiapkan sesuatu," ujar Solbaken tanpa menjelaskan apa yang dia maksud.

"Aksi ini dimaksudkan mendesak FIFA untuk lebih tegas kepada otoritas di Qatar agar mereka menindak segala bentuk pelanggaran HAM," imbuhnya.

Kapten timnas Norwegia Martin Odegaard mengatakan seluruh pemain Norwegia merasa merea harus membuat pernyataan tegas.

"Saya merasa banyak rekan saya peduli dengan hal ini dan ingin melakukan sesuatu dengan cara yang tepat," ujar penyerang yang kini memperkuat Arsenal dengan status pinjam dari Real Madrid.

Sejumlah klub di Norwegia telah menyerukan agar timnas memboikot Piala Dunia 2022 setelah muncul laporan di media massa Inggris The Guardian bahwa lebih dari 6.500 pekerja migran tewas di Qatar sejak negara Teluk itu dinyatakan sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Federasi Sepak Bola Norwegia berencana membahas kemungkina boikot itu dalam sidang istimewa, Juni mendatang.

Menurut jajak pendapat yang diterbitkan surat kabar Verdens Gang, Senin (22/3), sebanyak 55% warga Norwegia menginginkan timnas mereka memboikot Piala Dunia di Qatar. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT