16 March 2021, 10:59 WIB

Yunus Musah Pilih Bela AS Ketimbang Inggris


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

GELANDANG Valencia Yunus Musah, Senin (15/3), memilih membela timnas Amerika Serikat (AS) dan menolak tawaran dari timnas Inggris, Ghana, dan Italia.

Pemuda 18 tahun kelahiran New York, AS itu membela timnas Inggris di berbagai kompetisi yunior. Dia juga bisa membela timnas Ghana dan Italia. Namun, dia menegaskan memutuskan membela negara tempat kelahirannya.

"Saya rasa saya sudah jelas ingin membela Amerika Serikat," ujar Musah seperti dilansir laman daring Federasi Sepak Bola AS.

Baca juga: Platini Diperiksa Jaksa Swiss Terkait Kasus Korupsi

"Pertama-tama, saya rasa masuk akal jika saya ingin membela negara tempat saya dilahirkan. Momen saya memutuskan untuk membela AS terjadi saat saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa ini adalah yang terbaik bagi saya."

"Proyek yang ada saat ini dan masa depan timnas AS sangat menantang bagi saya. Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari timnas AS," imbuhnya.

Musah telah menjadi incaran Asosiasi Sepak Bola Inggris selama bertahun-tahun. Dia membela the Three Lions di timnas U-15 saat menjadi bagian akademi Arsenal.

Dia tampil lebih dari 30 kali untuk timnas Inggris di tingkat junior sebelum masa depannya menjadi sorotan setelah dia menerima undangan pelatih timnas AS Gregg Berhalter untuk membela Sam's Army di laga persahabatan.

Musah tampil bersama timnas senior AS saat bermain imbang 0-0 melawan Wales pada November sebelum menjadi starter saat Sam's Army menang 6-2 atas Panama pada 16 November.

Musah bergabung dengan skuat AS yang dipenuhi bintang-bintang muda seperti permain Borussia Dortmund Gio Reyna, pemain Barclona Sergino Dest, pemain Juventus Weston McKennie, dan pemain Chelsea Christian Pulisic.

"Kami memiliki tim muda yang luar biasa," ujar Musah.

"Sangat menyenangkan bisa bersaing dengan banyak pemain jebat. Saya tidak sabar melihat apa yang bisa kami lakukan," lanjutnya. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT