09 March 2021, 09:48 WIB

Raih Rekor Clean Sheet, Thomas Thucel Puji Lini Bertahan Chelsea


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Chelsea, Thomas Tuchel, puas melihat timnya kembali menorehkan clean sheet saat berjumpa Everton di laga lanjutan Liga Inggris 2020-2021, Selasa (9/3) dini hari WIB. Kemenangan 2-0 atas Everton menjadikan The Blues tidak terkalahkan di 11 pertandingan terakhir.

Kai Havertz mampu tampil cemerlang di sepanjang laga. Satu aksinya di babak pertama memaksa Ben Godfrey melakukan gol bunuh diri. Sedangkan gol kedua The Blues lahir melalui eksekusi tendangan penalti Jorginho.

Tuchel menjadi pelatih yang membuat Chelsea mengukir lima clean sheet beruntun di kandang untuk kali pertama sejak 2015. Klub penghuni Stamford Bridge itu hanya kebobolan dua gol dari 11 pertandingan sejak Tuchel mengambil alih tampu kepemimpinan dari Frank Lampard.

“Ini soal tekad. Bertahan itu adalah soal upaya. Terkadang ini penting untuk mempertahankan lini tengah. Ini tentang keandalan, kepercayaan, ketangguhan, keberanian,” kata Tuchel.

Bagi Tuchel, kerja sama tim adalah yang paling penting. Baik itu ketika menyerang ataupun bertahan. Tuchel melihat komunikasi antara satu pemain dengan pemain lain sangat penting dan dia senang Chelsea dapat melakukan hal tersebut.

“Para pemain di sekeliling harus turut membantu, secara prinsip, bisa diandalkan, dan melindungimu,” ujarnya.

Berkat kemenangan ini, Chelsea sekarang menempati urutan keempat klasemen Liga Primer, berjarak dua angka dari West Ham United yang menempati posisi kelima dan punya satu laga lebih banyak. (Mal/Goal)

BERITA TERKAIT