08 March 2021, 14:09 WIB

Fisik dan Mental jadi Pekerjaan Rumah Timnas


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

USAI laga uji coba melawan Bali United, Timnas untuk SEA Games diminta untuk terus meningkatkan kondisi fisik dan mental mereka. Karenanya para pemain diharapkan mau bekerja keras meningkatkan kemampuan mereka.

Dalam laga melawan Bali United tersebut Timnas memang kembali mendapatkan kemenangan 3-1 atas Bali United setelah sebelumnya juga menang 2-0 atas Tira Persikabo.

Di pertandingan melawan Bali United, gol Timnas dibuka oleh K. H Yudo di menit 35 dan bertahan hingga turun minum. Di paruh kedua, Timnas kembali menambahkan gol melalui Koko Ari di menit ke 70 dan Osvaldo Haay di menit ke-75, sedangkan Bali United hanya mampu membalas melalui Lerby Eliandri di menit ke 83.

Pelatih Timnas Shin Tae-yong mengaku senang dengan perkembangan dan penampilan yang ditunjukkan para pemain. Menurutnya tim kali ini bermain lebih baik dibandingkan laga uji coba sebelumnya.

"Jadi pergerakan pemain semakin baik, kami senang dengan penampilan mereka dia dua laga uji coba ini. Namun mental dan fisik harus terus ditingkatkan,” terang Tae Yong.

Selain fisik dan mental, pelatih kebangsaan Korea itu juga menyoroti bagaimana cara timnas saat melakukan pertahanan.

Baca juga : Shin: Beberapa Pemain Timnas SEA Games ke Kualifikasi Piala Dunia

“Duel satu lawan satu juga harus diperbaiki. Jangan mudah kehilangan bola dan gampang dilewati lawan saat bertahan“ ungkap Shin Tae-yong.

Lebih lanjut Tae Yong menjelaskan dengan vakumnya liga domestik selama hampir satu tahun, pemusatan latihan (TC) kali ini memang bertujuan untuk memperbaiki kondisi fisik mereka. Para pemain telah bekerja keras selama TC kali ini termasuk saat melakoni dua laga uji coba kemarin.

"Apa yang mereka pelajari di timnas Indonesia harus jadi contoh kepada pemain di klub masing-masing. Setahun tidak ada liga untuk peforma dan fisik pemain sangat menurun. Untuk itu pemusatan latihan kali ini fokus ke fisik, jadi pemain bekerja keras dalam latihan dan dua laga ini juga sangat kerja keras," terang tae Yong.

Senada dengan itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpesan agar para pemain tidak cepat puas dengan hasil yang mereka dapatkan di dua laga kemarin. Ia pun mengingatkan agar para pemain terus melakukan peningkatan pada kondisi fisiknya.

“Alhamdulillah para pemain terus menunjukkan performa yang positif. Fisik menurut pelatih Shin Tae-yong masih dikisaran 60%-70%. Ini wajar karena mereka lama vakum setelah kompetisi Liga 1 dan 2 tidak berjalan selama satu tahun terakhir,” tutur Iriawan. (RO/OL-2)

 

BERITA TERKAIT