06 March 2021, 16:20 WIB

The Citizens Ingin Hentikan Kejaran Manchester United


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KEMENANGAN dibutuhkan Manchester City untuk memperlebar jarak dari sang rival Manchester United yang berada di posisi kedua klasemen Liga Primer. Derby Manchester di Etihad Stadium akan berlangsung Minggu (6/3) malam.

The Citizens menatap laga ini dengan tren positif. Mereka sudah tidak terkalahkan dalam 28 pertandingan terakhir di semua kompetisi. Khusus di Liga Inggris, torehan Manchester City bahkan lebih mentereng. Mereka berhasil meraih 21 kemenangan beruntun usai menghantam Wolverhampton 4-1 pada tengah pekan ini.

Pasukan Pep Guardiola untuk sementara unggul 14 poin dari United di peringkat kedua. Inkonsistensi tim tamu beberapa minggu terakhir tentu menjadi modal baik bagi Man City untuk mengokohkan diri di puncak klasemen.

Manchester United tidak pernah menang dalam tiga laga terakhir, dan bahkan tidak mampu mencetak gol dalam periode tersebut. Selepas menghajar Newcastle 3-1 pada 22 Februari lalu, performa Bruno Fernandes dan kawan-kawan menukik tajam.

Usai bermain imbang 0-0 lawan Real Sociedad, MU ditahan imbang Chelsea dan Crystal Palce dengan skor serupa. Di posisi kedua, mereka cuma unggul lima poin dari Everton diurutan kelima.

MU tentu tak ingin membiarkan rival sekota mulus merengkuh gelar. MU punya kans untuk menghentikan laju kemenangan Man City.

Namun, MU punya satu masalah. Kiper utama MU, David De Gea, kabarnya bakal absen selama sebulan ke depan. Hilang saat melawan Palace, dia dikabarkan telah diberi izin untuk pulang ke Spanyol jelang kelahiran anak pertamanya.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menyebut Manchester United memiliki kekuatan di semua lini. Pep Guardiola tak mau meremehkan Man United. Pelatih asal Spanyol itu menyanjung Setan Merah--julukan Man United--dengan menyebut lawannnya itu tetap tim kuat.

"Mereka begitu kuat di semua departemen," ujar Guardiola mengutip laman resmi klub. "Secara defensif, di lini tengah mereka memiliki playmaker berkualitas, Bruno Fernandes, dan para pemain di lini depan begitu cepat," ujarnya.

Rekor pertemuan kedua tim di era Liga Primer menunjukkan dominasi MU. Dari 47 kali bertemu, MU menang 23 kali sementara Man City menang 15 kali dan dengan sembilan laga lain berakhir seri. Dalam enam pertemuan terakhir, MU juga menang tiga kali dan Man City menang dua kali. (Sportsmole/OL-14)

BERITA TERKAIT