24 February 2021, 09:22 WIB

Gol Cepat Bayern Munchen Jadi Kunci Kemenangan


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PENYERANG Bayern Munchen, Robert Lewandowski, menilai gol cepatnya ke gawang Lazio menjadi kunci kemenangan timnya atas Lazio dengan skor telak 4-1, Rabu (24/2) dini hari WIB tadi.

Di leg pertama babak 16 besar Liga Champions semalam, Lewandowski memperdaya kiper veteran Pepe Reina di menit kesembilan setelah memanfaatkan backpass ceroboh dari Mateo Mussachio.

Dengan golnya itu, Lewandowski sekarang adalah top skor ketiga terbanyak di kompetisi elite Eropa berkat catatan 72 gol hanya dari 95 penampilan, melewati capaian Raul Gonzalez (71). Meski begitu, dia masih tertinggal Cristiano Ronaldo yang mengemas 134 gol dan Lionel Messi dengan 119 gol.

“Ini adalah malam yang bagus ketika tim Anda mencetak empat gol. Saya mungkin tidak memiliki banyak kesempatan, namun saya sudah mencoba untuk berada di posisi yang tepat dan secara keseluruhan gol cepat (saya) terbukti penting,” kata Lewandowski.

Bayern yang berstatus juara Eropa langsung tancap gas dan mencetak gol keduanya melalui Jamal Musiala di menit ke-24. Dan tiga menit jelang turun minum, skor bertambah besar untuk Bayern setelah Leroy Sane turut mencatatkan namanya di papan skor lewat sebuah tap-in.

Di awal babak kedua tepatnya menit ke-47, Bayern memperbesar skor menjadi 4-0 melalui gol bunuh diri Francesco Acerbi. Berjarak dua menit dari gol bunuh diri Acerbi, Lazio memperkecil ketertinggalan lewat gol Joaquin Correa. Eks bintang Sevilla itu memperdaya kiper Manuel Neuer setelah mempertontonkan kualitas individu di depan gawang.

“Seperti yang saya tekankan, Liga Champions UEFA adalah turnamen spesial, terutama untuk para pemain kami. Kami ingin berada dalam kewaspadaan tinggi sedari awal pada hari ini dan kalian bisa melihat itu dari setiap pemain yang merasa siap dan bertekad untuk menampilkan performa top,” kata Pelatih Bayern, Hansi Flick.

Pelatih Lazio, Simone Inzaghi mengatakan timnya terlalu banyak melakukan kesalahan sehingga memuluskan Bayern untuk mencetak gol demi gol. 

“Kami terlalu kaku. Kami menyadari pentingnya pertandingan dan kekuatan lawan namun kami juga membuat segalanya menjadi mudah bagi mereka," ujarnya.

"Kami tahu Bayern punya kemampuan hebat dalam mencetak gol tetapi kami juga berkontribusi terhadap gol-gol yang mereka ciptakan."

Leg kedua pertandingan lawan Bayern akan digelar pada pertengahan Maret mendatang dan Lazio butuh keajaiban di Allianz Arena untuk lolos ke babak perempatfinal Liga Champions. (Mal/Goal/OL-09)

BERITA TERKAIT