23 February 2021, 13:43 WIB

Persib Kerja Keras Siapkan Diri Jelang Piala Menpora


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

MERESPONS digelarnya Piala Menpora sebagai ajang turnamen pra musim Liga 1, Persib Bandung akan segera melaksanakan persiapan bagi tim untuk mengikuti ajang turnamen tersebut. Rencananya Persib akan memulai latihan pada 1 Maret mendatang.

Pelatih Persib, Robert Alberts menuturkan dengan dimulainya latihan menjadi harapan kembalinya sepak bola di Indonesia.

“Kami akan mulai dengan sebuah harapan. Kembali berlatih merupakan hal paling penting, tidak hanya bagi pemain, tapi juga bagi ofisial, klub, sponsor dan para suporter. Sepakbola kembali hidup di Indonesia. Ini menjadi pesan terpenting untuk kita semua saat ini,” kata Robert sebagaimana di lansir laman resmi Persib, Selasa (23/2).

Meski begitu ia mengaku bahwa dengan jarak waktu pertandingan dengan persiapan yang diberikan tidak cukup bagi tim untuk melakukan persiapan. Terlebih mengingat sudah hampir satu tahun klub sepak bola mati suri akibat pandemi covid-19.

Dengan waktu persiapan yang singkat ini seluruh pemain dan tim akan bekerja keras untuk mencapai level yang diharapkan.

“Kami sudah memikirkan terkait turnamen pramusim ini. Persib sudah menyatakan dengan sangat jelas soal hal ini. Turnamen ini digelar terlalu dini. Dari sudut pandang teknis, kami sudah selama satu tahun tidak berlatih dan bertanding secara kompetitif. Sekarang, mereka berharap kita bisa siap dalam waktu tiga pekan ke depan ketika turnamen digelar pada 22 Maret,” ungkap Robert.

Problem lain yang dihadapi tim adalah mencari cara agar para pemain dapat sesegera mungkin tiba di banding. Bukan hanya pemain asal Indonesia, namun juga para pemain asing di negaranya masing masing.

“Sekarang persoalan selanjutnya adalah bagaimana mendatangkan pemain kita yang saat ini berada di luar negeri dan juga pemain yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Lalu kita juga harus memastikan para pemain tersebut harus dinyatakan negatif Covid-19. Jadi, ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum memulai latihan,” jelasnya.

Terlepas dari berbagai tantangan yang ada, Robert menegaskan Persib siap untuk ambil bagian di piala Menpora.

“Kami tetap harus siap untuk itu,” tegasnya.

Dari persiapan protokol kesehatan, tim tetap menerapkan protokol keshatan yang ketat. Tim merencanakan akan melaksanakan swab anti gen pada 27 Februari untuk seluruh tim dan staf Persib, proses sanitasi sebelum dan sesudah latihan juga akan kembali diterapkan

Tim pelatih juga mengimbau dan memohon kesadaran Bobotoh untuk tidak datang ke tempat latihan. Sebab, selain situasi pandemi dan faktor kesehatan, rangkaian latihan dan turnamen ini juga merupakan salah satu syarat untuk digulirkannya Liga 2021 nanti. (Dro/RO/OL-09)

BERITA TERKAIT