21 February 2021, 03:45 WIB

Piala Menpora 2021 jangan Sampai Jadi Klaster Covid-19


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Sepak Bola

LANGKAH PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam memperjuangkan adanya turnamen di tengah pandemi covid-19 sehingga izin keamanan Piala Menpora 2021 diterbitkan Polri mendapat apresiasi. Hal itu diungkapkan pemerhati sepak bola Kusnaeni dalam diskusi bertajuk 'Piala Menpora, Memupuk Asa Menuju Liga' yang disiarkan di instagram Media Indonesia, Sabtu (20/2).

Menurutnya, pemerintah tidak bisa menghindari adanya kompetisi ini lantaran Kementerian Pemuda dan Olahraga juga memiliki tanggung jawab besar kepada stakeholder pelaku sepak bola.

"Kita punya tanggung jawab untuk stakeholder sepakbola nasional, bagaimana mereka bisa tetap hidup di sepak bola. Bukan hanya pemain, pelatih, tetapi juga hingga ke tukang rumput lapangan sepak bola misalnya," ucap Kusnaein.

Disamping itu ia juga menyampaikan PT LIB harus berkomitmen menjaga protokol kesehatan agar turnamen ini tidka menjadi klaster baru covid-19. Menurutnya, protokol kesehatan bukan hanya disosialisasikan kepada klub sepakbola tetapi juga kepada suporternya.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menyatakan pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam turnamen ini. Sudjarno mengatakan nantinya suporter di stadion akan dibatasi maksimal 299 orang. "Kita sudah mencanangkan agar penonton di rumah saja, tidak ada nonton bareng dan tidak boleh berkeliaran di area stadion," lanjutnya.

Ia menegaskan dalam pertemuannya dengan berbagai stakeholder, para suporter yang mewakili mengatakan berkomitmen untuk menyaksikan pertandingan di rumah. (OL-15)

BERITA TERKAIT