04 February 2021, 07:29 WIB

Gattuso Mengaku Ubah Formasi karena Minim Pemain


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH Napoli Gennaro Gattuso mengatakan ia terpaksa melakukan perubahan formasi tim saat melawan Atalanta di laga Coppa Italia karena keterbatasan pemain yang tersedia.

Napoli bermain imbang tanpa gol saat menjamu Atalanta pada laga leg pertama semifinal Coppa Italia. Pada laga tersebut, Napoli menggunakan formasi 3-4-3 yang tidak biasa mereka mainkan.

"Kami mengubahnya (formasi) ke 3-4-3, namun juga harus membuat beberapa pilihan, sebab kami memiliki Piotr Zielinski dan Eljif Elmas yang kelelahan dan kami harus mengistirahatkan mereka pada satu titik," kata Gattuso kepada RAI Sport.

Baca juga: Napoli dan Atalanta Imbang Tanpa Gol di Semifinal Coppa Italia

"Tes kami memperlihatkan banyak pemain yang tidak bugar 100%. Tiemoue Bakayoko, Stanislav Lobotka, dan Diego Demme tidak dapat bermain
sebagai mezzala (pemain half wing), maka kami harus melakukan sesuatu," tambahnya.

Itu merupakan pertama kalinya Napoli menggunakan formasi tiga bek di pertandingan kompetitif sejak Mei 2013.

"Saya melihat Atalanta sedikit kesulitan saat menghadapi pertahanan berisi tiga pemain maka kami mencobanya pada satu hari latihan dan itu
berjalan dengan baik," ujar Gattuso.

Sang pelatih juga tidak menutup kemungkinan untuk kembali menggunakan formasi tersebut pada pertandingan-pertandingan di masa yang akan datang.

Namun tentu saja, ia akan mempertimbangkan pemain yang tersedia, kondisi yang dialami para pemain, dan karakteristik para pemain.

Pada pertandingan melawan Atalanta, Hirving Lozano dimainkan sebagai false 9, sedangkan di posisi samping terdapat Matteo Politano dan Lorenzo Insigne. Sayangnya, mereka tidak banyak menciptakan peluang.

"Menurut saya, Politano dan Lozano semestinya sedikit lebih dekat dengan Insigne. Saya tidak dapat memainkan Andrea Petagna sejak awal, jika ia cedera apa yang akan kami lakukan? Apakah saya dan Anda akan mengenakan kaus dan bermain? Kami tidak punya pemain lagi," keluh Gattuso.

"Insigne memiliki masalah di betisnya, itu menyakitkan dan kami akan mengevaluasinya besok. Dries Mertens masih di Belgia, dan itu akan sedikit membutuhkan lebih banyak waktu. Fabian Ruiz masih positif covid-19. Namun, jika saya tidak salah, besok adalah hari ke-21 sejak ia pertama kali kedapatan positif. Karenanya, ia dapat meminta izin untuk berlatih sendirian di lapangan dan meninggalkan rumahnya," pungkasnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT