26 January 2021, 12:12 WIB

Guardiola Puji Kemampuan Allardyce Selamatkan Klub Papan Bawah


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PEP Guardiola menyebut pelatih West Bromwich Albion Sam Allardyce layak disebut jenius karena kemampuannya menyelamatkan tim yang terancam degradasi dari Liga Primer Inggris.

Mantan pelatih timnas Inggris itu diberikan tugas menyelamatkan the Baggies dari degradasi setelah klub itu memecat Slaven Bilic, bulan lalu.

Allardyce, yang sebelumnya menukangi Bolton, Newcastle United, dan West Ham United memiliki rekor apik menyelamatkan tim dari ancaman degradasi.

Baca juga: Lampard Sedih Tidak Bisa Bawa Chelsea Ke Level Berikutnya

Hal itu menjadi sorotan Guardiola menjelang laga tandang Manchester Citu ke markas West Brom, Rabu (27/1) dini hari WIB.

"Dia mendapatkan hasil apik dan jelek, sama dengan orang lain," ujar Guardiola mengenai Allardyce.

"Tidak mudah mengambil alih tim di tengah musim. Namun, dia sukses meraih hasil bagus melawan Wolves, Liverpool, dan klub lain."

"Sam Allardyce adalah seorang jenius karena menyelamatkan tim yang dianggap orang lain telah selesai. Jika hanya sekali, dua kali, atau tiga kali, Anda bisa menyebutnya beruntung. Namun, saya bahkan tidak ingat dia telah melakukannya berapa kali," imbuhnya.

Allardyce, sejauh ini, meraih hasil beragam di West Brom dengan menahan imbang Liverpool, mengalahkan Wolves, namun kalah dari Aston Volla, Leeds, Arsenal, dan West Ham United.

The Baggies masih berada di zona degradasi, terpaut enam poin dari peringkat 17 Brighton & Hove Albion. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT