22 January 2021, 09:48 WIB

Gol Tunggal Barnes Akhiri Rekor Gemilang Liverpool di Kandang


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

REKOR tak terkalahkan Liverpool dalam 68 pertandingan kandang beruntun sejak April 2017, berakhir dengan gol semata wayang yang di cetak Ahley Barnes untuk Burnley dalam laga pekan ke-19 Liga Inggris, Jumat, (22/1) WIB.

Melakukan eksekusi pinalti pada menit ke-83, Barnes sukses mengantarkan Burnley meraih kemenangan 1-0 atas Liverpool di Stadion Anfield dan menjadi kemenangan pertama untuk Burnley di Anfield sejak 1974.

Pasukan Jurgen Klopp mendera kemandulan yang cukup parah pada laga kali ini, bahkan Divock Origi gagal mencetak gol ketika Ben Mee melakukan blunder semenit jelang turun minum, dan penyerang asal Belgia itu malah melepaskan penyelesaian terlalu keras dengan membentur mistar gawang .

Sedari menit awal, Liverpool sejatinya langsung mencoba mendobrak pertahanan Burnley, tetapi kesulitan untuk menciptakan peluang. Di menit ketujuh Fabinho mencoba menanduk bola sayangnya masih melebar.

Pada menit ke-13, giliran Barnes mencoba mengambil kesempatan saat kiper Liverpool Alisson Backer tidak menangkap bola dengan erat. Bola pun terlepas lalu disepak Barnes, namun beruntung Alisson dapat membendungnya.

Ketika peluit tanda istirahat  berbunyi, terjadi sedikit insiden di lapangan area Liverpool anrara Fabinho dan Ashley Barners. Hal itu membuat Wasit Mike Dan memberikan kartu kuning kepada Fabinho, sementara Barners yang sudah mendapat kartu kunung sebelumnya tak diberi hukuman apapun.

Pada babak kedua, Liverpool mencoba kembali melakukan serangan, di menit ke-51 Trent Alexander-Arnold melakukan tembakan dengan kaki kirinya saat mendapatkan umpan dari Sadio Mane, namun sayang bola berhasil di amankan Kiper Burney Nick Pope.

Tak kunjung mencetak gol Liverpool pun mulai dirundung Frustasi, hal itu pun dimanfaatkan dengan baik oleh Burney ketika Barnes berhasil melepaskan diri dari kawalan Fabinho dan jatuh ketika dihadang oleh Alissons yang gegabah meninggalkan gawangnya. Berujung wasit yang menghukum Liverpool dengan tendangan pinalti untuk Barners.

Peluang itu pun dimanfaatkan dengan baik oleh Barners, melepaskan tendangan keras, Barners pun sukses mencetak gol kemenangan untuk Burnley pada menit ke-83 saat upaya halauan Alisson tak terjangkau.

Setelah itu Liverpool berupaya untuk menyamakan kedudukan, tapi pada akhirnya skor 1-0 untuk Burnley tetap bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Atas kemenangan itu, Burnley kini naik ke urutan ke-16 di klasemwn sementara dengan koleksi 19 poin, sementara Liverpool tertahan di posisi keempat dengan koleksi 34 poin.

Akhir pekan ini kedua tim akan tampil di laga putaran keempat Piala FA, Minggu, (24/1). Liverpool akan bertandang ke Old Trafford untuk menghadapi Manchester United, sedangkan Burnley akan menyambangi Craven Cottage untuk melawan Fulham. (Rif/AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT