22 January 2021, 03:00 WIB

FIFA Ancam Pemain dan Klub yang Tampil di Liga Super Eropa


Widhoroso | Sepak Bola

FEDERASI Sepakbola Dunia (FIFA) menyatakan tidak akan mengizinkan pemain tampil di Piala Dunia jika berpartisipasi dalam kompetisi Liga Super Eropa yang digagas beberapa klub besar di Eropa. Mereka yang tampil di Liga Super Eropa juga tidak diperbolehkan tampil di Piala Eropa serta Liga Champions.

"Mengenai spekulasi tentang pembentukan Liga Super Eropa yuang digagas beberapa klub Eropa, FIFA dan enam konfederasi (AFC, CAF, CONCACAF, CONMEBOL, OFC dan UEFA) sekali lagi menegaskan dan sangat menekankan bahwa kompetisi semacam itu tidak akan diakui FIFA atau konfederasi sepak bola yang ada," jelas FIFA dalam pernyataannya, Kamis (21/1) .

"Setiap klub atau pemain yang terlibat dalam kompetisi itu tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi yang diselenggarakan FIFA atau konfederasi masing-masing. Sesuai dengan undang-undang FIFA dan konfederasi, semua kompetisi harus diatur atau diakui oleh badan yang relevan di tingkat masing-masing, oleh FIFA di tingkat global dan oleh konfederasi di tingkat kontinental," tambah pernyataan tersebut.

FIFA juga menegaskan hanya mengakui Piala Dunia Antarklub sebagai satu-satunya kompetisi antarklub dunia. FIFA juga hanya mengakui kompetisi klub yang diselenggarakan oleh konfederasi sebagai satu-satunya kompetisi kontinental klub. (Livescore/OL-15)

BERITA TERKAIT