21 January 2021, 23:01 WIB

Usaha Dapatkan Izin Polri, PT LIB akan Gelar Laga Simulasi


Widhoroso | Sepak Bola

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan berusaha untuk mendapatkan izin dari Polri untuk kompetisi 2021. Salah satunya PT LIB akan menggelar simulasi pertandingan dengan penerapan protokol kesehatan.

Simulasi tersebut sebagai gambaran penerapan protokol kesehatan saat bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 2021. PT LIB berharap Polri bisa mengeluarkan izin setelah menonton pertandingan itu. Rencananya, laga simulasi tersebut akan diselenggarakan setelah Kapolri baru dilantik.

"Mudah-mudahan ya [Kapolri baru mengizinkan], kami dan PSSI juga siap meyakinkan kepada Kapolri baru, salah satunya nanti dengan cara mengajukan pertandingan simulasi," kata direktur utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

Sebetulnya, PSSI telah menyusun protokol kesehatan untuk sepakbola sejak beberapa bulan lalu. Ahli medis dan PT LIB turut diajak ambil bagian dalam penyusunan tersebut.

Liga 1 musim 2020 sempat berjalan selama tiga pekan. Akan tetapi, PSSI menghentikannya pada pertengahan Maret tahun lalu karena pandemi Covid-19.

Semenjak itu, masa depan Liga 1 menjadi buram. Sempat ada rencana menggelarnya pada 1 Oktober lalu, namun tak dapat dilaksanakan karena Polri tidak memberikan izin.

Setelah itu, klub bersama PSSI dan PT LIB menggelar pertemuan yang menghasilkan kesepakatan Liga 1 dihelat November. Lagi-lagi, Polri tidak mengeluarkan izin sehingga kompetisi tak bisa dimainkan.

Pada akhirnya PSSI memutuskan Liga 1 2020 dibatalkan. Keputusan tersebut diambil usai federasi sepakbola nasional itu melangsungkan rapat komite eksekutif (Exco), Rabu (20/1).

Meski sudah membatalkan Liga 1 2020, PSSI belum menetapkan waktu bergulirnya Liga 1 2021. PSSI akan membahasnya pada rapat tahunan yang digelar bulan depan.

Sejumlah klub meminta Liga 1 2021 dilaksanakan selepas Idul Fitri. Waktu itu dirasa tepat karena klub butuh melakukan persiapan sehingga dapat tampil maksimal saat pertandingan dimulai. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT