21 January 2021, 09:51 WIB

Liga Primer Inggris akan Uji Coba Pergantian Pemain Gegar Otak


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

LIGA Primer Inggris, Rabu (20/1), sepakat untuk melakukan uji coba pergantian pemain karena gegar otak dengan menambahkan dua pergantian pemain per tim dalam setiap pertandingan.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), otoritas tertinggi aturan sepak bola, menyetujui uji coba itu, Desember lalu.

Belum ada tanggal pasti dimulainya uji coba itu karena masih dibahas antara IFAB dan FIFA.

Baca juga: Solskjaer Puji Pogba yang Jadi Penentu Kemenangan

"Dengan kesejahteraan pemain menjadi prioritas utama Liga Primer Inggris, protokol baru ini akan mengizinkan maksimum dua pergantian pemain karena gegar otak per tim, dengan tim lawan dapat melakukan pergantian dalam jumlah yang sama," ungkap otoritas Liga Primer Inggris dalam sebuah pernyataan.

"Pergantian pemain karena gegar otak ini bisa dilakukan meski tim telah melakukan pergantian pemain maksimal."

"Uji coba ini dilakukan setelah ada rekomendasi dari IFAB untuk mengizinkan pergantian pemain jika ada pemain yang diduga atau benar-benar mengalami gegar otak," imbuh otoritas tersebut.

Sebuah penelitian yang dimpin Willie Stewart dari Universitas Glasgow dan diterbitkan pada 2019 menemukan bahwa mantan pemain memiliki risiko 3,5 kali lebih tinggi untuk meninggal karena penyakit neurogeneratif ketimbang populasi umum.

Sejumlah pemain timnas Inggris yang tampil di Piala 1966 mengalami penyakit neurodegeneratif di masa tuanya.

Jack Charlton dan Nobby Stiles meninggal dunia karena demensia, tahun lalu. Legenda Manchester United Bobby Charlton juga didiagnosa mengalami masalah itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT