19 January 2021, 05:55 WIB

Dua Gol Aubameyang Antar Arsenal Tekuk Newcastle


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PIERRE-Emerick Aubameyang mencetak dua gol saat Arsenal menang 3-0 atas Newcastle United di laga lanjutan Liga Primer Inggris, Selasa (19/1) dini hari WIB.

Kurang dari sebulan lalu, the Gunners berada dekat dengan zona degradasi. Namun, raihan 13 poin dari total 15 poin mengantarkan klub besutan Mikel Arteta itu menduduki peringkat ke-10, tertinggal tujuh poin dari peringkat empat besar.

Meski Aubameyang mencetak dua gol dalam laga melawan Newcastle United itu, duet pemain muda Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka sukses mencuri perhatian dengan Saka mencetak gol kedua Arsenal yang diapit dua gol Aubameyang.

Baca juga: Liverpool Gagal Kudeta Manchester United

Adapun bagi Newcastle, kekalahan ini memperpanjang rekor tidak pernah menang mereka menjadi sembilan laga secara beruntun.

Dalam laga melawan Arsenal ini, pelatih Newcastle Steve Bruce melakukan delapan perubahan setelah dia dikritik setelah te Magpies menjadi satu-satunya tim yang kalah dari juru kunci Sheffield United di laga Liga Primer Inggris pada musim ini.

Meski begitu, Newcastle tetap tampil melempem dan mereka sama sekali tidak mengancam gawang Arsenal yang dikawal Bernd Leno.

Meski kalah, Newcastle masih terpaut tujuh poin dari zona degradasi.

Tumpulnya Aubameyang merupakan salah satu penyebab Arsenal terseok di musim pertama Arteta memenang kendali sejak awal musim.

Hal itu tampkanya tidak akan berubah setelah penyerang Gabon itu melepaskan serangan yang membentur tiang gawang di pertengahan babak pertama.

Momentun kebangkitan Arsenal tersendat setelah mereka ditahan imbang Crystal Palace tanpa gol di Emirates di laga terakhir mereka.

Namun, Aubameyang membuka kebuntuan memanfaatkan kesalahan Newcastle United yang gagal memanfaatkan sepak pojok di awal babak kedua.

Thomas Partney membukukan assist pertamanya sejak didatangkan dari Atletico Madrid, Oktober lalu, ketika dia melepaskan umpan terobosan untuk Aubameyang yang kemudian menjebol gawang Newcastle pada menit 50.

Penampilan gemilang Smith Rowe membantu membalikkan keberuntungan Arsenal selama beberapa pekan terakhir yang membuat Arteta lebih memercayai pemain berusia 20 tahun itu ketimbang Willian dan Nicolas Pepe.

Umpan tarik Smith Rowe kepada Saka berujung pada gol kedua Arsenal ke gawang Newcastle pada menit 60. Itu merupakan gol ketiga Saka dalam lima laga Liga Primer Inggris.

Aubameyang kemudian membuat kedudukan menjadi 3-0 lewat gol kelimanya pada musim ini pada menit 77 memanfaatkan umpan Cedric Soares. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT