17 January 2021, 05:20 WIB

Solskjaer Janjikan Kejutan


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Manchester United Ole Gunnar Solskjaer sudah tidak sabar melakoni laga besar di markas Liverpool, Stadion Anfield, malam ini. Sebaliknya, juru taktik the Reds Juergen Klopp merasa tim tamu bukan datang sebagai underdog.

“Ketika Anda pergi ke Anfield, itu akan menjadi laga besar bagi seluruh pemain, bagi para fans. Saya tak sabar menghadapi pertandingan ini,” kata Solskjaer.

“Berada di puncak bukanlah sesuatu yang penting. Yang terpenting ialah bagaimana nanti keadaan kita di akhir musim,” lanjutnya.

Dalam pertandingan terakhir, ‘Setan Merah’--julukan Manchester United--mengalahkan tuan rumah Burnley 1-0 lewat gol tunggal Paul Pogba. Kemenangan itu membawa MU menggusur Liverpool dari puncak klasemen sementara dengan 36 poin, unggul 3 poin atas the Reds.

Dari 33 pertemuan terakhir kedua tim, MU unggul dengan memenangi 15 pertandingan, kalah 11 kali, dan seri 7 kali. Kedua klub terakhir kali berhadapan hampir setahun lalu di Liga Primer. Liverpool mengalahkan MU 2-0 berkat gol Virgil van Dijk dan Mohamed Salah.

Liverpool memang tanpa kemenangan dalam tiga laga terakhir di Liga Primer. Namun, Liverpool tak terkalahkan dalam 67 laga Liga Primer di Anfield.

“Pertandingan menghadapi sang juara, rekor fantastis di Anfield, ini merupakan ujian besar bagi kami. Bisakah kami bertandang ke sana lalu menghadirkan masalah bagi mereka?” kata Solskjaer.

Solskjaer mengatakan kemenangan di Anfield akan mengejutkan. “Kami hanyalah para penantang, mereka ialah para juara,” ujarnya.

Taktik underdog

Manajer Liverpool Juergen Klopp tak mau tertipu dengan taktik underdog Manchester United. Dia menegaskan, ‘Setan Merah’ selalu merupakan tim bagus karena selalu memiliki pelatih bagus dan para pemain dengan kualitas hebat.

“Saya telah lima tahun di Inggris dan United tidak pernah menjadi underdog. Mereka tidak mungkin menjadi underdog. Mereka selalu tim yang bagus, selalu memiliki pemain hebat, selalu punya manajer dan pelatih yang sangat bagus,” tegas Klopp.

Klopp mengakui bahwa performa Liverpool saat ini tengah menurun. Meskipun demikian, Klopp menyatakan bahwa mereka telah melakukan evaluasi terhadap rentetan hasil buruk itu.

“Saya sangat menantikan pertandingan ini, jujur saja. Saya tahu Ole mengatakan bahwa ini ialah momen terbaik untuk bermain melawan Liverpool, ya? Ayo lihat!” kata Klopp. (Goal/R-2)

BERITA TERKAIT