16 January 2021, 01:15 WIB

Bilbao Kejutkan Los Blancos


Akmal Fauzi |

REAL Madrid tidak bisa mempertahankan gelar juara Piala Super Spanyol seusai dikalahkan Athletic Bilbao dalam laga semifinal, kemarin dini hari WIB. Dalam pertandingan yang berlangsung di La Rosaleda itu, Madrid kalah 1-2.

Pelatih Real Madrid Zidane merasa tidak ada kesalahan yang membuat skuadnya gagal merebut kemenangan. “Ini bukan lah kesalahan. Kita tidak bisa memenangi semua pertandingan,” kata pelatih asal Prancis tersebut.

Walau lebih difavoritkan, Madrid rupanya bisa dikejutkan dengan permainan intens Bilbao yang berkembang pesat di bawah bimbingan pelatih Marcelino. Madrid langsung tertinggal dua gol di babak pertama setelah pemain Bilbao, Raul Garcia, membukukan brace di menit ke-18 dan 32.

Gol telat Karim Benzema di menit ke-73 membuat pertandingan sedikit lebih memanas, tetapi Bilbao bertahan dengan kuat dan berhasil untuk mengamankan tempat di final kompetisi itu.

Zidane pun mengakui bahwa timnya kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama. “Babak pertama sangat sulit. Kami tak memulainya dengan baik. Mereka mencetak dua gol dengan dua kesempatan yang dimiliki. Itu berat,” jelasnya.

Zidane juga mengomentari Eden Hazard yang baru pulih dari cedera. Ini merupakan penampilan pertama Hazard setelah pada dua laga sebelumnya melawan Celta Vigo dan Osasuna absen.

Namun, Hazard dinilai gagal memberi pengaruh positif kepada Los Blancos pada pertandingan kemarin. Zidane mengatakan Hazard butuh dukungan agar kepercayaan dirinya pulih.

“Ia perlu memulihkan kepercayaan diri, bermain bagus atau mencetak gol, hanya untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kami tahu betapa hebatnya ia dan kami perlu bersabar dengannya karena ia bekerja keras,” kata Zidane.

Di partai puncak, Bilbao akan menantang Barcelona pada Senin (18/1) di Estadio de La Cartuja, Sevilla. Barcelona lolos ke final seusai menang adu penalti dengan skor 3-2 atas Sociedad pada Kamis (14/1) dini hari WIB.

Di Italia, pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini menilai timnya terlalu banyak membuang peluang dalam laga kontra Cagliari di babak 16 besar di Gewiss Stadium, kemarin. Namun, Atalanta berhasil menang 3-1.

Gasperini mengaku masih memiliki pekerjaan rumah untuk membenahi anak asuhnya, terutama dalam hal penyelesaian akhir.


Kelelahan

Manajer Arsenal Mikel Arteta mengungkapkan skuadnya kelelahan saat bermain imbang 0-0 melawan Crsytal Palace di Emirates, kemarin dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris.

The Gunners mampu menciptakan beberapa peluang, tetapi tidak ada yang membahayakan gawang tim tamu. “Beberapa peluang di sepertiga akhir hilang. Kami menciptakan peluang, tapi tak berujung pada gol,” kata Arteta.

Dengan hasil ini, Arsenal gagal mengukir empat kemenangan beruntun di pentas liga domestik. Arsenal juga gagal menempel ketat raihan poin Aston Villa, Chelsea, dan West Ham United yang secara berurutan menduduki peringkat ke-8 hingga ke-10.

Arteta membela usaha anak asuhnya dengan menyebut jadwal padat membuat para pemain kelelahan dan gagal fokus ketika berada di depan gawang.

“Kami menciptakan situasi untuk memenangi pertandingan, namun kami sangat kelelahan. Memainkan banyak partai dan Anda bisa melihat bagaimana para pemain bermain tidak segar,” kata Arteta.  (FootballItalia/Goal/Marca/R-3)

BERITA TERKAIT