14 January 2021, 06:05 WIB

Gol Tunggal Foden Antar City Tekuk Brighton


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

MANCHESTER City mendekatkan diri ke puncak klasemen Liga Primer Inggris yang kini berjarak empat poin saja setelah gol Phil Foden memastikan kemenangan 1-0 atas Brighton & Hove Albion, Kamis (14/1) dini hari WIB.

Penyelesaian klinis Foden, sebelum turun minum, di Etihad Stadium hari itu cukup membawa City mengklaim empat kemenangan beruntun dalam liga.

City memiliki sejumlah peluang pada babak kedua untuk menggandakan keunggulan mereka namun kiper Robert Sanchez dan tiang gawang mementahkannya.

Baca juga: Arteta Sebut Dua Laga Arsenal Berikutnya Amat Penting

Tuan rumah bisa saja meredakan ketegangan pada menit tambahan namun pemain pengganti Raheem Sterling gagal mengeksekusi penalti dengan baik dan mengirim bola jauh di atas tiang.

City naik ke peringkat empat klasemen dengan merebut 32 poin dari 16 pertandingan, berjarak empat poin dari Manchester United yang menghuni puncak klasemen dan satu poin di belakang tim juara Liverpool yang masih memiliki tabungan satu pertandingan.

Sementara itu, Brighton memperpanjang rentetan hasil tanpa kemenangan dalam sembilan pertandingan Liga Primer Inggris secara beruntun dan kini bertengger satu posisi di atas zona degradasi.

Setelah start yang lambat, klub asuhan Pep Guardiola membuat kemajuan namun kini berubah menjadi salah satu calon juara.

"Tentunya ini terasa performa kami kembali yang terbaik. Kami mendapatkan kepercayaan diri setelah beberapa hasil terakhir," kata Foden, yang mencetak empat gol dalam enam pertandingan terakhir yang ia jalani.

"Kami bisa mendapatkan hasil yang lebih baik hari ini tapi secara keseluruhan saya sangat bangga dengan tim. Ini hasil yang luar biasa," lanjutnya.

Brighton, dengan penguasaan bola yang baik dan lini belakang yang rapat, nyaris mengakhiri babak pertama dengan imbang, namun datang gol
Foden menjelang turun minum.

Kevin De Bruyne memberikan umpan kepada Foden yang melewati dua bek sebelum pemain timnas Inggris itu menyarangkan bola lewat tembakan mendatar ke sisi dalam gawang dan di luar jangkauan Sanchez.

Sanchez membuat penyelamatan gemilang untuk menghalau upaya Ilkay Gundogan dan tembakan Bernardo Silva masih mengenai tiang gawang.

City kehilangan permainan di 20 menit terakhir dan Brighton melihat peluang di sana.

Tembakan melengkung Alex Mac Allister masih melebar dan umpan rendah Bernardo tidak bisa dijangkau Davy Propper di depan gawang.

Ketika Sanchez melakukan pelanggaran kepada De Bruyne, Sterling mendapatkan kesempatan untuk membuat gol keempatnya musim ini namun
tembakannya meleset.

City cukup berlega hati setelah peluit panjang, namun dengan tujuh kemenangan beruntun di semua kompetisi dan jadwal pertandingan yang cukup nyaman ke depan, mereka akan menjadi ancaman. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT