12 January 2021, 19:10 WIB

The Citizen Incar Kemenangan Beruntun


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANCHESTER City akan menargetkan tujuh kemenangan beruntun di semua kompetisi saat menjamu Brighton di laga lanjutan Liga Inggris, di Etihad Stadium, Kamis (14/01) dini hari.

Kedua tim baru saja sama-sama memastikan diri lolos ke babak keempat Piala FA pada akhir pekan kemarin. 

Skuad asuhan Pep Guardiola menyingkirkan Birmingham City, sementara Brighton mengalahkan klub League Two, Newport County.

Tuan rumah sedang dalam performa terbaiknya, setelah mencatatkan 13 pertandingan tak terkalahkan yang mengesankan di semua kompetisi. Saat ini, The Citizen berada di posisi kelima dengan poin 29.

Man City keluar sebagai pemenang 5-0 saat kedua tim terakhir bertemu di AMEX Stadium pada Juli tahun lalu.

Raheem Sterling mengklaim hat-trick yang luar biasa untuk tim Pep Guardiola dengan Gabriel Jesus dan Bernardo Silva juga mencetak gol.

Bintang Man City, Sergio Aguero dipastikan absen di laga ini karena harus menjalani isolasi mandiri Covid-19. Pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa itu melakukan kontak dengan seseorang yangtelah dinyatakan positif untuk Covid-19.

"Dia melakukan kontak lebih dari biasanya, dengan satu orang yang positif. Jadi dia harus mengisolasi diri selama beberapa hari. Saya tidak tahu persis karena dia telah diuji seperti kita semua enam kali dalam 10 hingga 15 hari terakhir dan itu negatif," kata Guardiola.

Sementara itu, Ferran Torres yang sudah negatif dari Covid-19 tampaknya akan menghiasi starting line-up saat menghadapi Brighton.

Sementara itu, Manajer Brighton, Graham Potter mengonfirmasi tidak akan diperkuat lima pemain kunci saat mereka menghadapi Man City. 

Empat pemain, Danny Welbeck, Adam Lallana, Aaron Connolly dan Tariq Lamptey belum pulih dari cedera dan satu pemain lainnya, gelandang bertahan Yves Bissouma absen kareka akumulasi kartu.

Potter berharap Brighton tampil bagus melawan City, meski diakui pasukan Pep Guardiola akan sulit dikalahkan. “Mereka adalah tim yang fantastis dengan banyak individu hebat, mereka secara kolektif adalah tim yang luar biasa,” ujarnya.

Dia menegaskan, kekuatan The Seagulls- julukan Brighton- berbeda dari pertemuan sebelumnya dengan Man City musim lalu.

“Kami merasa kami telah meningkatkan kinerja secara baik. Ini adalah waktu sibuk bagi kami semua. Ada banyak hal yang terjadi di luar sepak bola juga, tapi itu bukan hal yang tidak dapat kami tangani. Kami harus melakukan yang terbaik dan mengambil tantangan minggu ini, itu akan menyatukan kami, dan kami menantikannya,” ujarnya.

Sementara itu, Derby London akan tersaji saat Tottenham Hotspur menjamu Fulham, Kamis (14/1) dini hari WIB. Pertandingan yang sempat ditunda 30 Desember lalu itu dimanfaatkan tuan rumah untuk menjaga momentum positif mereka di Liga Primer.

Spurs telah memenangkan tiga pertandingan terakhir mereka tanpa kebobolan di tiga kompetisi berbeda. Sebuah rekor yang membuat mereka mencapai final Piala Liga, putaran keempat Piala FA dan naik ke posisi keempat di Liga Primer dengan 29 poin.

Sementara itu, Fulham sempat merasa keberatan harus melakoni laga menghadapi Tottenham Hotspur. Fulham menggantikan posisi Aston Villa yang dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk berduel kontra Tottenham di waktu yang sama karena sebagian pemain dalam tim utamanya masih menderita Covid-19.

Penjadwalan ulang laga dari penyelenggara Liga Primer adalah keputusan yang menurut mereka terbilang mendadak. Selain itu, penjadwalan ulang laga tersebut kini membuat Manajer Fulham, Scott Parker, sibuk memikirkan susunan pemain yang akan diturunkan menghadapi Tottenham dalam waktu kurang dari 72 jam ke depan.

Fulham saat ini masih berjuang untuk lepas dari zona degradasi di posisi 18 dan baru mengumpulkan 11 poin dari 15 pertandingan yang sudah mereka lakoni musim ini. (Sportmole/Goal/Dailymail/OL-8)

BERITA TERKAIT