19 December 2020, 13:04 WIB

Mental Pemain Setan Merah Diuji di Kandang


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MENTAL pemain Manchester United akan diuji di kandang mereka saat menjamu Leeds United dalam lanjutan Liga Primer, Minggu (20/12) malam. Setan Merah memiliki rekor buruk bermain di Old Trafford musim ini.

Setan Merah baru menang sekali dalam enam laga kandang Liga Primer musim ini. Hal ini berbanding terbalik dengan rekor tandang mereka, Bruno Fernandes dan kawan-kawan mengukir rekor 100% kemenangan.

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer membantah timnya memiliki masalah mental saat bermain di Old Trafford. Menurutnya, dalam laga tanpa penonton, pertandingan tandang dan kandang tak jauh berbeda.

"Ini bukan karena masalah mental. Terkadang, segalanya tergantung pada detail kecil. Besok Minggu, kami akan menghadapi lawan yang akan menyulitkan kami, tapi ini akan menjadi laga yang terbuka. Leeds adalah tim yang sangat menghibur,” kata Solskjaer.

“Kami perlu memperbaiki performa di kandang. Rasanya tidak seperti kandang dan tandang dengan kondisi seperti ini tanpa suporter,” imbuhnya.

Laga ini tadinya boleh disaksikan 2.000 penonton tapi akhirnya ditunda setelah pemerintah Inggris memasukkan kota Manchester ke dalam kategori tiga zona restriksi covid-19. Solksjaer pun menilai perubahan kebijakan ini bakal menguntungkan Leeds.

“Kami tidak sabar untuk melihat fans kembali. Ini akan jadi keuntungan buat mereka (Leeds) karena siapa pun menyukai dukungan dari fans. Mari kita tunggu, semoga di kesempatan berikut fans boleh diizinkan masuk,” ujarnya.

Laga bertajuk Roses Derby ini akan menarik untuk kedua tim. Ini menjadi pertemuan pertama di Liga Primer untuk kedua tim sejak bermain imbang 1-1 di Old Trafford pada Februari 2004.

Baca juga: Manchester United Tersingkir Dari Liga Champions

Manchester United tidak terkalahkan di 15 pertandingan kandang terakhirnya di liga melawan Leeds, dengan mereka memiliki rekor sembilan kemenangan dan enam kali imbang. Kekalahan terakhir yang mereka terima saat menjamu rivalnya itu terjadi pada 1981, ketika menyerah 1-0.

Manchester United berpeluang naik ke papan atas klasemen jika mampu mengalahkan Leeds. Saat ini Setan Merah mengoleksi 23 poin, selisih 5 poin dari pemuncak klasemen Liverpool.

Meski begitu, tenaga yang terkuras patut digarisbawahi mengingat mereka baru saja turun melawan Sheffield United dan mengamankan skor 3-2 di Bramall Lane pada Jumat (18/12) dini hari WIB. Tak kurang dari 72 jam setelahnya, Leeds sudah menanti di derby Roses.

Manchester United dipastikan tanpa penyerang Edinson Cavani. Ole Gunnar Solskjaer memastikan pemainnya itu masih merasa tidak fit setelah dibekap cedera hamstring.

David De Gea diperkirakan akan langsung kembali ke starting XI Manchester United setelah di laga terakhir, Dean Henderson melakukan blunder fatal menghadapi Sheffield United.

Sementara manajer Leeds Marcelo Bielsa mengatakan menghadapi Manchester United melipatgandakan motivasi. Bielsa menyebut persaingan Leeds dengan Man United melampaui apa pun yang pernah dilakukannya dengan skuad lain.

“Jika saya harus membuat referensi tentang persaingan besar, saya akan menggunakan salah satu pengalaman pribadi melalui pengalaman yang saya alami sebagai penggemar atau pemain Newell melawan Rosario," ucap Bielsa.

"Leeds tidak mengabaikan arti dari memainkan permainan seperti itu dan kami siap untuk beradaptasi dengan karakteristik yang akan diminta oleh permainan ini,” jelasnya.(Goal/Skysports/OL-5)

BERITA TERKAIT