14 December 2020, 05:32 WIB

Tekuk Hoffenheim, Leverkusen Puncaki Klasemen Bundesliga


Basuki Eka Purnama |

BAYER Leverkusen merebut puncak klasemen Bundesliga seusai menaklukkan Hoffenheim 4-1 dalam laga pekan ke-11 di Stadion BayArena, Leverkusen, Senin (14/12) dini hari WIB.

Koleksi 25 poin cukup bagi Leverkusen untuk menggeser Bayern Muenchen dari posisi puncak klasemen dengan keunggulan satu poin atas tim juara bertahan itu dan RB Leipzig, sedangkan Hoffenheim (12) tidak bergerak dari posisi ke-12.

Hoffenheim menebar ancaman saat laga baru berusia 15 detik, ketika Florian Grillitsch gagal menanduk bola umpan silang Andrej Kramaric. Mereka harus membayar kegagalan itu saat gawang mereka kemasukan pada menit keempat, ketika Leon Bailey menerima bola operan pendek dari tendangan sudut dan melepaskan sepakan melengkung melewati kiper Oliver Baumann.

Baca juga: Gol Telat Richter Buyarkan Kemenangan Schalke

Hoffenheim sempat memberikan respon yang bagus ketika mereka memaksa kiper Lukas Hradecky melakukan dua penyelamatan pada menit ke-25. Namun, mereka harus kembali kemasukan akibat gol kedua Bailey pada menit ke-27.

Operan ke belakang yang dikirimkan Kramaric dapat dibaca dengan sempurna oleh pemain sayap Leverkusen itu, yang kemudian mengecoh Baumann untuk menggenapi dwigolnya.

Tim tamu mengawali babak kedua dengan sempurna saat Christoph Baumgartner mencetak gol balasan pada menit ke-50. Pemain Austria itu melepaskan sepakan melengkung melewati Hradecky dengan proses yang serupa dengan gol pertama Bailey.

Upaya kebangkitan Hoffenheim tidak bertahan lama. Mereka kemudian kembali kemasukan pada menit ke-55 saat Florian Wirtz menggiring bola ke kotak penalti sebelum mencungkilnya melewati Baumann untuk merestorasi keunggulan dua gol Leverkusen.

Harapan Hoffenheim untuk dapat bangkit sirna ketika Florian Grillitsch mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-64. Tidak lama kemudian,
Hoffenheim kembali harus kehilangan satu pemain setelah Stefan Posch diusir keluar lapangan karena dianggap sengaja menyentuh bola di kotak penalti.

Leverkusen kemudian membukukan gol keempatnya pada menit ke-91, melalui eksekusi penalti Lucas Alario untuk mengamankan posisi di pucuk klasemen. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT