04 December 2020, 07:26 WIB

Tirana akan Gelar Final Perdana Liga Konferensi UEFA


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

IBU Kota Albania Tirana akan menjadi tuan rumah perhelatan pertama final kompetisi kasta ketiga Eropa, Liga Konferensi UEFA, pada 2022. Hal itu diumumkan UEFA, Kamis (3/12).

Laga final akan digelar di stadion baru yang berkapasitas 21.690 tempat duduk, National Arena, pada 25 Mei 2022.

Liga Konferensi UEFA akan mulai digelar pada musim 2021/22 sebagai bagian dari restrukturisasi kompetisi klub Eropa. UEFA mengonfirmasi kompetisi itu akan bergulir setidaknya hingga 2024.

Baca juga: Menang, Slavia dan Leverkusen Melaju ke 32 Besar Liga Europa

Liga Konferensi UEFA akan menampilkan tiga babak kualifikasi dan babak playoff sebelum mendapatkan 32 tim yang akan berlaga di babak penyisihan grup, sama dengan Liga Champions. Adapun peserta Liga Europa akan dipangkas dari 48 tim menjadi 32 tim.

Seperti Liga Europa, laga Liga Konferensi UEFA akan dimainkan pada Kamis atau Jumat dini hari WIB. Namun, laga final akan dimainkan pada Rabu.

Liga Konferensi UEFA dipandang sebagai kesempatan bagi klub dari luar liga terbesar Eropa untuk memenangkan trofi kompetisi Eropa. Meski begitu, tim-tim dari liga terbesar Eropa juga akan ambil bagian dalam komeptisi itu.

Tim yang menduduki peringkat enam di Liga Primer Inggris, La Liga, Bundesliga, dan Serie A akan berlaga di Liga Konferensi Eropa mulai dari babak playoff. Begitu juga dengan klub yang menduduki peringkat kelima Ligue 1. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT