04 December 2020, 07:05 WIB

AS Roma tundukkan Young Boys


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AS Roma menang 3-1 atas Young Boys pada pertandingan putaran kelima Grup A Liga Europa untuk menghambat langkah sang lawan melaju ke 32 besar, Jumat (4/12) dini hari WIB.

Giallorossi yang telah lebih dahulu memastikan langkah ke fase gugur tetap memuncaki klasemen grup dengan 13 poin. Young Boys yang berada
di posisi kedua klasemen mengumpulkan tujuh poin dan masih dapat didepak CFR Cluj.

Tim ibu kota Italia itu juga dipastikan menutup fase grup sebagai pemuncak klasemen, apapun hasil yang mereka dapatkan pada pertandingan putaran terakhir.

Baca juga: Napoli dan AZ Alkmaar Imbang, Persaingan di Grup F Makin Ketat

Roma dikejutkan oleh Young Boys yang memecah kebuntuan melalui gol Jean Pierre Nsame pada menit ke-34. Nsame menerima bola panjang dan berduel satu lawan satu dengan Bryan Cristante. Ia mampu mengatasi kawalan sang pemain bertahan sebelum kemudian menaklukkan kiper Pau Lopez melalui sepakan dari sudut sempit.

Borja Mayoral kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-44. Diawali sepakan Pedro yang ditepis kiper David von Ballmoos, Mayoral bergerak sigap menanduk bola masuk ke gawang yang kosong.

Riccardo Calafiori membawa Roma berbalik memimpin melalui golnya pada menit ke-59. Ia memanfaatkan kegagalan para pemain Young Boys untuk menyapu tendangan bebas Carles Perez dengan sempurna, dan menyambar bola dengan sepakan kaki kiri menuju sudut gawang Young Boys. Itu merupakan gol perdana pemain 18 tahun tersebut bagi Roma.

Pemain pengganti Edin Dzeko melengkapi kemenangan Roma melalui golnya pada menit ke-81. Ia menyambar bola umpan silang Perez dengan sepakan voli kaki kanan untuk bersarang di gawang lawan.

Bagi Dzeko, itu merupakan gol pertamanya di Liga Europa musim ini dan gol yang ke-20 sepanjang partisipasinya di turnamen tersebut.

Pertandingan lain di Grup A antara CFR Cluj melawan CSKA Sofia berakhir imbang tanpa gol. Dibarengi dengan kekalahan Young Boys dari Roma, CFR Cluj yang berada di posisi ketiga dengan koleksi lima poin masih berpeluang melaju ke fase 32 besar.

Sedangkan CSKA Sofia yang sama sekali belum mencetak gol di fase grup, dipastikan tersingkir dari persaingan karena berada di dasar klasemen
dengan koleksi hanya dua poin.

Pada pertandingan putaran pamungkas yang akan berlangsung pada Jumat (11/12) dini hari WIB, CSKA Sofia akan menjamu Roma, sedangkan CFR Cluj akan bertandang ke markas CSKA Sofia untuk memperebutkan satu tiket 32 besar tersisa. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT