03 December 2020, 21:50 WIB

Pele: 'I love you, Diego'


Widhoroso | Sepak Bola

"I love you, Diego" tulis legenda sepak bola Brasil dan dunia, Edson Arantes do Nascimento alias Pele di akun sosial pribadinya. Unggahan itu dibuat Pele seminggu setelah kepergian 'teman baik'-nya Diego Armando Maradona, yang disebut seorang jenius yang memesona dunia.

Di Brasil, negara asal Pele, merupakan hal umum memberikan penghormatan seseorang yang telah meninggal sepekan setelah kematiannya.

Pele dan Maradona sering dibanding-bandingkan sebagai pesepakbola terhebat sepanjang sejarah. Namun, Pele bersikeras dalam postingan instagramnya, Rabu (2/12) bahwa Maradona merupakan sosok yang tidak ada duanya.

"Dunia akan jauh lebih baik jika kita bisa kurang membandingkan satu sama lain dan mulai lebih mengagumi satu sama lain. Jadi, saya ingin mengatakan bahwa Anda tidak bisa dibandingkan," kata Pele.

Dalam postingannya, Pele yang membawa Brasil tiga kali menjadi juara Piala Dunia, juga mengunggah serangkaian foto dirinya dengan Maradona, termasuk foto Maradona muda yang tersenyum di samping Pele bermain gitar.

"Perjalananmu ditandai dengan kejujuran. Kamu selalu menyatakan cinta dan ketidaksukaanmu kepada empat penjuru mata angin. Dan dengan cara yang unik dan khusus, kamu mengajari bahwa kami harus lebih sering mencintai dan mengatakan "Aku mencintaimu," tulis Pele.

"Kepergianmu yang cepat tidak mengizinkanku mengatakannya padamu, jadi aku hanya akan menulis: Aku mencintaimu, Diego," tambah Pele.

Meski tidak bermain dalam waktu yang bersamaan, dua legenda sepak bola dunia ini selalu memiliki rivalitas. Termasuk saat Pele dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Abad ke-20 oleh FIFA. Maradona sendiri menjadi yang terbaik dalam voting publik.

Dalam postingananya, Pele menyebut Maradaona seorang jenius yang mempesona dunia. Seorang pesulap dengan bola di kaki dan legenda sejati.

"Tapi di atas semua itu, bagi saya, kamu akan selalu menjadi teman baik, dengan hati yang lebih besar lagi. Suatu hari di surga kita akan bermain bersama dalam tim yang sama. Dan ini akan menjadi pertama kalinya aku mengangkat tanganku ke langit bukan untuk merayakan gol tapi karena akhirnya aku bisa memelukmu lagi," ungkap Pele. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT