04 December 2020, 00:45 WIB

Optimistis masih Punya Kans


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANCHESTER United gagal meraup poin penuh saat menjamu Paris Saint-Germain (PSG) dalam laga lanjutan Grup H Liga Champions di Old Trafford, kemarin dini hari. ‘Setan Merah’ di akhir pertandingan kalah 1-3 dan hasil tersebut menunda mereka untuk mendapatkan tiket masuk babak 16 besar.

Baik United maupun PSG kini sama-sama memiliki 9 poin di klasemen grup. RB Leipzig yang kemarin menang 4-3 atas Istanbul Basaksehir juga mengoleksi 9 poin.

Meski gagal saat melawan PSG, manajer United Ole Gunnar Solskjaer masih percaya diri timnya bisa lolos fase penyisihan. Pasalnya, di pertandingan terakhir melawan RB Leipzig pada Kamis (13/12) dini hari WIB, Marcus Rashford dkk hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak selanjutnya.

“Kami sudah mengalihkan perhatian ke pekan depan. Kami masih harus pergi ke sana dan membawa pulang sesuatu. Kami mengikuti  sebuah pertandingan sepak bola dengan keinginan menang,” tegas Solskjaer seperti dikutip dari laman resmi United, kemarin.

Akan tetapi, United diprediksi sulit mewujudkan hasil seri saat menghadapi Leipzig karena pertandingan tidak akan berlangsung di Old  Trafford. Membidik hasil imbang di kandang lawan jelas sangat riskan.

“Menurut saya, pertandingan melawan PSG dan Leipzig di kandang sudah menunjukkan seberapa jauh perkembangan tim ini. Anak-anak
sudah berkembang pesat dalam pertandingan seperti ini,” ujarnya.

Bagi Leipzig, mereka harus bisa menang di laga terakhir. Sementara itu, PSG cukup mendapat hasil imbang ketika melawan Istanbul Basaksehir. Namun, itu dengan catatan hasil serupa terjadi di Red Bull Arena atau antara United dan RB Leipzig mengalami kekalahan.

Dari Grup E, Chelsea menang 4-0 atas Sevilla, kemarin. Seluruh gol disumbangkan Olivier Giroud. Performa tinggi Giroud pun mendapat pujian dari pelatih Chelsea, Frank Lampard.

“Empat gol di level ini dan kualitas gol, aspek individu darinya. Tentu aspek yang pertama adalah tim, khususnya dari belakang ke depan. Penampilan individu yang luar biasa, ia layak mendapat semua penghargaan,” kata Lampard.

Sebelum melawan Sevilla, Chelsea sudah memastikan tiket untuk lolos ke babak 16 besar. Hasil dari melawan Sevilla membuat the Blues saat ini mengoleksi 13 poin dan memimpin klasemen Grup E. 

Sementara itu, dari Grup F, Borussia Dortmund memastikan satu tiket ke fase gugur. Kepastian itu mereka dapatkan, kemarin, seusai bermain imbang 1-1 melawan Lazio. Dengan tambahan 1 poin, Dortmund memastikan kelolosan dari Grup F dan untuk sementara menempati urutan pertama lewat koleksi 10 poin, unggul satu angka di depan Lazio yang berada di posisi kedua.


Laga paling mudah

Pelatih Juventus Andrea Pirlo menilai hasil kemenangan 3-0 atas Dynamo Kyiv dalam lanjutan fase grup kemarin merupakan laga termudah yang pernah dilakoninya. Meski sudah meraih tiket 16 besar di laga sebelumnya, Bianconeri tetap tampil dominan.

Juventus kini berada di posisi kedua Grup G dengan 12 poin, tertinggal tiga poin dari Barcelona yang juga menang 3-0 atas Ferencvaros, kemarin.

“Ini adalah pertandingan termudah untuk dipersiapkan. Semua pemain benarbenar fokus pada permainan kami sendiri, motivasi juga datang dengan sendirinya,” ucap Pirlo. “Saya belum pernah melihat tim begitu mendominasi sepanjang 90 menit di Liga Champions. Jadi, saya sangat senang dengan penampilan kami hari ini. Meski kami sudah lolos, kami masih terus bermain untuk menang,” sambung dia. (Goal/Skysports/R-3)

BERITA TERKAIT