26 November 2020, 08:44 WIB

UEFA Nyatakan Swiss Kalahkan Ukraina di Laga Liga Negara


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

UEFA, Rabu (25/11), mengumumkan bahwa Swiss dinyatakan menang 3-0 atas Ukraina di laga Liga Negara yang seharusnya digelar 17 November lalu, Laga itu batal digelar setelah seluruh skuat Ukraina dikarantina karena covid-19.

Orotitas kesehatan di Lucerne, tempat laga itu seharusnya digelar, memutuskan skuat besutan Andriy Shevchenko harus diisolasi setelah sejumlah pemain Ukraina dinyatakan positif covid-19.

Komite Disiplin UEFA menyatakan timnas Ukraina bertanggung jawab atas batalnya laga tersebut.

Baca juga: Vidic Diminta Pimpin Federasi Sepak Bola Serbia

Berkat kemenangan WO itu, Swiss terhindar dari degradasi dari Liga A meski tidak sekalipun meraih kemenangan di lapangan. Adapun Ukraina terdegradasi ke Liga B.

Swiss mengakhiri musim di atas Ukraina di klasemen Grup A4 dengan keunggulan gol head-to-head.

Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Ukraina (UAF) Yuriy Zapisotsky mengatakan mereka akan mengajukan banding atas putusan UEFA itu ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

"Ini adalah preseden yang berbahaya yang melanggar prinsip-prinsip olahraga," ungkap Presiden UAF Andrii Pavelko di Facebook.

Pavelko mengatakan dia, di pertemuan Komite Eksekutif UEFA yang akan datang, 3 Desember mendatang, akan mengajukan bahwa timnas diberi tambahan waktu untuk menyiapkan diri jika terjadi karantina, 24 jam untuk laga kandang dan 48 jam untuk laga tandang.

Pekan lalu, UEFA juga menetapkan Romania menang 3-0 atas Norwegia untuk insiden yang sama. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT