24 November 2020, 04:20 WIB

Menuju Penampilan Sempurna


Akmal Fauzi | Sepak Bola

LIVERPOOL sukses menekuk Leicester City dengan skor 3-0 di Anfield dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris, kemarin dini hari WIB. Hasil tersebut membuat Leicester tergusur dari puncak klasemen. Namun, posisi teratas klasemen kini ditempati Tottenham Hotspur. Liverpool belum bisa memuncaki klasemen karena Tottenham yang sehari sebelumnya menang 2-0 atas Manchester City, unggul dalam selisih gol.

Penyerang sayap Liverpool Diogo Jota menjadi salah satu pemain yang menentukan kemenangan untuk tuan rumah saat melawan Leicester. Jota menambah keunggulan Liverpool setelah Jonny Evans melakukan gol bunuh diri. Satu gol tambahan untuk Liverpool dicetak Roberto Firmino.

"Bermain di tim ini juara dunia, begitu berarti. Saya harap bisa terus membawa tim menang dan tentunya menjadi pemain penting di sini. Luar biasa, kami hebat saat menyerang, begitu juga bertahan," kata Jota.

Pemain asal Portugal itu pun mengatakan ke depannya Liverpool harus siap secara fisik dan mental. "Yang penting tiga poin, penampilan kami makin sempurna," lanjutnya.

Jota mencetak rekor baru di laga tersebut. Dia kini menjadi pemain the Reds pertama yang selalu mencetak gol di Anfield dalam pertandingan Liga Primer. Sebelumnya, Jota berhasil mencetak gol saat melawan West Ham United, Sheffield United, dan Arsenal. Jota sudah mencetak empat gol di Liga Inggris.

Sementara itu, manajer Liverpool Juergen Klopp menilai kemenangan skuadnya atas Leicester layak diraih. Apalagi, secara keseluruhan anak buahnya memang tampil sempurna. "Kami pantas menang. Anak-anak bermain gemilang melawan lawan yang hebat. Saya tidak mau memandang remeh hal-hal seperti ini. Anak-anak sedang on fire dari aspek sepak bola," kata Klopp.

Koeman waswas

Pekan ini, Liga Champions akan kembali bergulir. Barcelona yang ada di Grup G akan tampil melawan Dynamo Kyiv pada Rabu (25/11) dini hari WIB dan wajib menang jika ingin mengunci satu tiket ke babak 16 besar.

Saat ini, Barcelona memuncaki klasemen grup dengan 9 poin hasil menang dari tiga laga. Mereka unggul 3 poin dari Juventus.

Sementara itu, Kiev dan Ferencvaros baru mengemas satu poin di urutan ketiga dan keempat.

Bila mampu menang atas Kiev, Barcelona akan mengemas nilai 12. Meski Ferencvaros bisa mengalahkan Juve, mereka hanya akan mengumpulkan nilai 4. Dengan skenario tersebut dan dengan dua laga tersisa, posisi Barcelona tak mungkin dikejar lagi oleh pesaingnya.

Jelang berhadapan dengan Kyiv, pelatih Barcelona Ronald Koeman pun waswas. Pasalnya, Blaugrana tengah kehilangan Gerard Pique dan Sergi Roberto yang sedang cedera. Pique dilaporkan akan absen selama tiga sampai lima bulan dan Sergi Roberto selama dua bulan.

Laporan medis Barcelona mengungkapkan bahwa Pique mengalami cedera ligamen di lutut kanannya dan Roberto di otot paha. Mau tidak mau, Koeman harus meracik ulang formasi lini belakang skuadnya sesegera mungkin.

Inkonsistensi juga masih menjadi permasalahan utama Barcelona di musim ini. Mereka masih menempati posisi 12 di klasemen sementara La Liga Spanyol dan terakhir juga takluk 0-1 dari Atletico Madrid. (BBC/Sportsmole/R-3)

BERITA TERKAIT