23 November 2020, 19:45 WIB

Barcelona Ingin Kunci Satu Tempat di 16 Besar


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KEMENANGAN atas Dynamo Kiev wajib dipetik Barcelona jika ingin mengunci satu tiket ke babak 16 besar Liga Champions grup G. Barcelona akan bertandang ke markas Dynamo Kiev, Rabu (25/11) dini hari.

Saat ini Barcelona memuncaki klasemen Grup G dengan nilai 9 dari 3 laga. Mereka unggul 3 poin dari Juventus. Sementara Kiev dan Ferencvaros baru mengemas satu poin di urutan ketiga dan keempat.

Bila mampu menang atas Dyamo Kiev, Barcelona akan mengemas nilai 12. Meski Ferencvaros bisa mengalahkan Juve, mereka hanya akan mengumpulkan nilai 4. Dengan skenario ini, dengan dua laga tersisa, posisi Barcelona tak mungkin dikejar lagi oleh Kiev dan Ferencvaros.

Namun, Pelatih Barcelona, Ronald Koeman waswas jelang laga. Blaugrana harus kehilangan Gerard Pique dan Sergi Roberto akibat cedera. Gerard Pique dilaporkan akan absen selama tiga sampai lima bulan dan Sergio Roberto selama dua bulan.

Laporan medis Barcelona mengungkapkan bahwa Pique mengalami cedera ligamen di lutut kanannya dan Sergi Roberto di otot paha.

Pelatih asal Belanda itupun harus meracik ulang formasi lini belakang skuadnya sesegera mungkin, agar Barca tetap bisa melaju di kompetisi bergengsi klub-klub papan atas Eropa tersebut.

Cederanya Gerard Pique, membuat Koeman harus menentukan siapa yang akan bermitra bersama Clement Lenglet di tengah lini belakang. Pelatih 57 tahun itu sudah memastikan, Araujo belum bisa bermain untuk pertandingan melawan Kiev, bahkan di akhir pekan depan. Koeman kemungkinan akan dipaksa untuk mainkan Frenkie de Jong, yang sudah diturunkan di posisi sentral.

Barca juga ditinggal Ansu Fati selama empat bulan setelah ia menjalani operasi lutut awal bulan ini, sedangkan gelandang Sergio Busquets masih menepi karena masalah lutut tetapi akan kembali pada akhir bulan.

Inkonsistensi juga masih menjadi permasalahan utama Barcelona di musim ini. Mereka masih menempati posisi 12 klasemen sementara La Liga dan terakhir juga takluk 1-0 dari Atletico Madrid.

Hal tersebut bisa saja membuat para pemain tentu bertekad untuk mengakhiri tren negatif dan bisa membawa pulang poin penuh saat bertemu Dynamo Kyiv.

Kedua tim telah bertemu dalam 11 pertandingan sebelumnya. Lima pertandingan terakhir di fase grup Liga Champions. Di pertemuan pekan lalu, Barcelona menumbangkan Dynamo Kyiv dengan skor 2-1.

Sedangkan pertemuan terakhir sebelum musim ini, Barcelona menang 2-0 di kandang dan 2-1 di Kyiv pada musim 2009/2010, Messi mencetak gol di kedua pertandingan.

Di pertandingan lainnya di grup yang sama, Juventus akan menjamu Ferencvaros, Rabu (25/11). Laga ini menjadi peluang emas bagi Bianconeri-julukan Juventus- untuk memastikan langkahnya ke babak berikutnya.

Sementara itu, Ferencvaros yang tak ingin pulang dengan tangan hampa berharap mampu mengimbangi permainan tim tuan rumah.

Cristiano Ronaldo tercatat akan kembali menjadi tumpuan Juventus. Selain sang mega bintang, Juventus juga akan mengandalkan kelincahan Paulo Dybala dan ketajaman Alvaro Morata di lini depan.

Juventus mencatat 4 pertandingan tanpa kekalahan, dengan 3 laga di antaranya berhasil dimenangkan. Menjamu Ferencvaros di Alianz Arena, Turin, CR7 diharapkan dapat memberi kontribusi besar dalam pertandingan Juventus vs Ferencvaros.

“Dia (Ronaldo) adalah teladan bagi pemain lain, dan memiliki peran kunci di setiap pertandingan," ujar pemain sekaligus kapten Juventus, Juan Cuadrado. (BBC/Sportsmole/OL-8)

 

BERITA TERKAIT