19 November 2020, 10:56 WIB

Pelatih Belgia Akui Timnya Kurang Fokus di Awal Pertandingan


Akmal Fauzi | Sepak Bola

BELGIA melengkapi tim yang melaju ke semifinal Liga Negara UEFA usai mengalahkan Denmark 4-2, Kamis (19/11) dini hari WIB.

Pada pertandingan yang berlangsung di King Power, Belgia yang sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang unggul cepat lewat gol Youri Tielemans di menit ke-3. Gol ini dibalas tim tamu melalui Jonas Wind pada menit ke-17.

Romelu Lukaku membawa timnya kembali memimpin di menit ke-56. Setelah itu, bomber Inter Milan itu mencetak gol keduanya di menit ke-69. Bunuh diri Nacer Chadli di menit ke-86 membuat skor berubah menjadi 3-2.

Baca juga: Menang Atas Denmark, Belgia Lolos ke Empat Besar

Namun, upaya Denmark mengejar ketertinggalan berakhir semenit kemudian setelah Kevin de Bruyne mencetak gol keempat Belgia.

Pelatih Belgia Roberto Martinez mengakui timnya sempat merasa terbebani saat menghadapi Denmark di partai penentu. Dia menyebut skuatnya memikirkan lolos ke semifinal Liga Negara UEFA sehingga bermain sedikit berhati-hati dan tak menunjukan ketenangan seperti biasanya.

“Di babak pertama, begitu kami mencetak gol, kami merasa ada sesuatu yang hilang. Saat itu, kami berpikir untuk berada di semifinal. Kami tidak menunjukkan ketenangan normal yang kami miliki,” kata Martinez.

Namun, Martinez tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. Dia tidak akan membicarakan kesalahan yang dilakukan pemain.

“Saya merasakan reaksi yang besar di babak kedua. Jelas kami kebobolan, tapi itu sebuah kesalahan yang terjadi saat Anda main dari belakang," kata Martinez.

“Tapi tim siap mengambil risiko dan menikmati permainan yang tidak kami lakukan di babak pertama,” lanjutnya.

Liga Negara UEFA musim kedua dipastikan akan menghadirkan juara baru setelah Portugal yang menjadi kampiun pada tahun lalu gagal melaju ke babak semifinal.

Selain Belgia, Prancis, Spanyol, dan Italia juga lolos ke babak empat besar yang rencananya digelar pada 6-7 Oktober 2021. Selanjutnya, final kompetisi ini akan diselenggarakan pada 10 Oktober 2021.

Untuk menentukan masing-masing lawan di semifinal nanti, akan digelar undian pada 3 Desember 2020. (UEFA/OL-1)

BERITA TERKAIT