15 November 2020, 11:20 WIB

Ramos Dua Kali Gagal Pinalti, Luis Enrique Tetap Percaya


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

PELATIH Spanyol Luis Enrique mengaku tidak ada keraguan sedikit pun kepada Sergio Ramos untuk tetap menjadi andalan dalam mengeksekusi tendangan dua belas pas. Kemampuan Ramos sempat diragukan setelah kapten timnas Spanyol itu gagal mengkonversi dua pinalti saat tim Matador berhadapan dengan Swiss dalam lanjutan Liga Negara UEFA.

Ramos, dalam pertandingan tersebut, mencatatkan rekor sebagai pemain dengan catatan caps internasional terbanyak di Eropa melewati Gianluigi Buffon.

Sayangnya, di pertandingan tersebut, bek Real Madrid tersebut tidak mampu melanjutkan catatan 25 golnya dari titik putih tanpa pernah gagal di klub dan timnas.

Baca juga: Ramos Gagal Penalti Dua Kali, Spanyol Ditahan Swiss

Dalam pertandingan tersebut, Swiss mampu unggul terlebih dahulu oleh aksi Remo Freuler yang membuka gol pada menit ke 26. Spanyol nyaris pulang tanpa poin sebelum Gerard Moreno mengamankan satu poin dengan golnya di menit 89 setelah memanfaatkan keunggulan pemain.

"Catatan Sergio Ramos atas pinalti tetap ada dan sebagai catatan yang sangat bagus. Sangat tidak adil bila menghilangkan catatan tersebut hanya karena satu atau dua kali bahkan tiga kali kegagalan," tutur Enrique seperti dilansir Goal, Minggu (15/11).

Sang pelatih pun mengaku akan tetap mempercayai Ramos sebagai eksekutor pinalti dalam pertandingan tersebut, bahkan bila ada pinalti ketiga.

"Jika memang ada pinalti ketiga, dia tetap menjadi eksekutor. Bila hanya karena dia gagal dua pinalti kemudian menghilangkan tugas tersebut darinya itu akan menjadi sebuah lelucon. Sergio Ramos tetap ada sebagai penendang di posisi pertama dari daftar penendang pinalti," tegas Enrique.

Dalam kesempatan yang sama, pencetak gol penyeimbang, Moreno membenarkan perkataan sang pelatih.

"Sergio terlahir sebagai pemenang. Hari ini dia tidak dapat mencetak dua pinalti, tetapi ia telah memainkan banyak pertandingan, banyak kemenangan dan kekalahan. Ia memiliki banyak pengalaman," ungkap Moreno.

"Hari ini, penaltinya mungkin tidak masuk tetapi saya tidak tahu berapa banyak yang dia buat sebelum itu. Itu bukanlah sesuatu yang harus kita khawatirkan. Saya yakin jika ada penalti lain dia akan mengambilnya dan dia akan mencetak gol," lanjutnya.

"Kami semua tenang. Sergio juga tenang. Saya belum bisa berbicara dengannya tapi saya sangat tenang karena penalti berikutnya yang diambil Sergio dia akan mencetak gol." pungkas sang pemain

Dengan hasil imbang pada hari Sabtu, Spanyol turun ke posisi kedua di Grup 4 Liga A, satu poin di belakang Jerman. La Roja akan menghadapi Jerman pada hari Selasa di Estadio La Cartuja di Seville. (OL-1)

BERITA TERKAIT