06 September 2020, 05:45 WIB

Laju Kemenangan Italia Terhenti


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

RENTETAN 11 kemenangan Italia di laga internasional terhenti kemarin dini hari WIB. Pihak yang sukses merusak catat­an positif itu ialah Bosnia & Herzegovina yang mampu menahan Italia di ajang UEFA Nations League.

Kedua tim yang tergabung di Grup 1 Liga A hanya bisa bermain seri 1-1. Edin Dzeko membuat Bosnia yang berstatus sebagai tim tamu unggul pada menit ke-57. Sayangnya, kedudukan menjadi seimbang setelah Stefano Sensi menyamakan kedudukan 10 menit kemudian.

Meski gagal meraih kemenangan ke-11, hasil melawan Bosnia tidak lah buruk. Italia sebenarnya belum terkalahkan dalam 14 pertandingan yang sudah dijalani sejak Oktober dua tahun lalu.

Saat mengomentari pertandingan kontra Bosnia, pelatih Italia Roberto Mancini mengaku kecewa karena tidak mampu membawa pulang poin penuh.

“Ada sedikit kelelahan tetapi para pemain melakukannya dengan baik. Kami hanya kekurang­an sedikit inspirasi, yang terpenting ialah tim bermain bagus, hasil imbang tidak mengubah apa pun dalam penilaian kinerja,” ungkap Mancini seperti dilansir ESPN.

Sementara itu, Belanda yang juga menghuni Grup 1 Liga A memimpin klasemen karena bisa menang 1-0 dari Polandia. Penyerang Belanda Steven Bergwijn mampu mencetak gol pada menit ke-61.

Belanda, runner-up dalam kompetisi tahun lalu, memainkan pertandingan pertama mereka sejak kepergian pelatih Ronald Koeman ke Barcelona.

“Tidak banyak dari pemain kami yang memiliki banyak menit bermain, tetapi kami berlatih keras minggu ini dan bekerja dengan baik dan kami mencapai performa yang sangat profesional sebagai hasilnya,” kata kapten Belanda Virgil van Dijk.

Belanda selanjutnya akan menjamu Italia di Amsterdam pada Senin, sementara Polandia mengunjungi Bosnia di Zenica.

Mundur

Timnas Republik Ceko memutuskan mundur dari laga kedua Grup 2 Liga B karena salah satu staf mereka dinyatakan terinfeksi covid-19. Republik Ceko seharusnya menghadapi Skotlandia pada Senin (7/9).

Keputusan untuk tidak ikut pertandingan kontra Skotlandia diumumkan Federasi Sepak Bola Republik Ceko (FACR), kemarin WIB.

“Timnas Ceko tidak akan bermain melawan Skotlandia karena situasi yang berhubungan dengan virus korona,” ujar FACR. “Timnas Ceko tidak melakukan persiapan setelah kemenangan melawan Slovakia,” sambung FACR.

Sebelumnya, Ceko sukses mengalahkan Slovakia dengan skor 3-1 pada laga pembuka grup di rumah si lawan, Jumat (4/9) waktu setempat.

Kini dua pemain andalan Ceko, Tomas Soucek dan Patrik Schick harus diisolasi karena disebutkan melakukan kontak langsung dengan staf yang dimaksud.

Klub juara bertahan Liga Ceko, Slavia Praha, turut meminta tujuh pemainnya yang dipanggil untuk mundur dari skuad arahan Jaroslav Silhavy tersebut. (Wdo/Ant/R-3)

BERITA TERKAIT