05 September 2020, 01:45 WIB

Garuda Muda tidak Terbebani


MI | Sepak Bola

TIM nasional U-19 memulai uji coba melawan Bulgaria pada ajang International U-19 Friendly Tournament 2020, Sabtu (5/9) malam di Sveti Martinna Muri, Kroasia. 

Hasil pemusatan latihan yang dimulai di Jakarta berlanjut ke Kroasia akan tersaji di pertandingan yang disiarkan langsung Net TV mulai pukul 21.30 WIB. Laga nanti akan menjadi pertandingan perdana timnas Indonesia U-19 di ajang itu.

Sebaliknya, Bulgaria sudah menjalani satu laga melawan Kroasia, Rabu (2/9) lalu. Hasilnya anak-anak muda Bulgaria harus mengakui keunggulan tuan rumah dan kalah dengan skor ketat 2-3.

Meski sudah memantau tim lawan, pelatih ‘Garuda Muda’ Shin Tae-yong tak menampik bahwa dirinya akan berjudi lantaran tak tahu persis peta kekuatan calon lawan. 

“Memang jujur kami belum tahu kualitas lawan yang nanti akan kami hadapi di sini. Namun, itu justru bagus untuk menguji pemain,” kata Shin dikutip dari Youtube PSSI, kemarin. 

Shin sudah menggenjot fisik Witan Sulaeman dan kawankawan demi menghadapi laga kontra Bulgaria nanti. Namun, juru taktik asal Korea Selatan itu tidak memberikan beban yang terlalu berat kepada para pemain ‘Garuda Muda’.

“Tim saat ini masih berproses. Latihan fisik dengan intensitas tinggi. Jadi, kami tidak mengincar kemenangan pada laga uji coba nanti. Kami ingin melihat sejauh mana perkembangan pemain,” ujar Shin.

“Alhamdulilah, kondisi semua teman juga baik dan semakin meningkat setiap harinya. Kami juga sudah siap melakoni uji coba internasional di sini. Yang penting kami terus bekerja keras, disiplin, dan semangat setiap harinya,” kata penyerang ‘Garuda Muda’ Witan Sulaeman.

Setelah melawan Bulgaria, Indonesia akan menantang Kroasia pada 8 September dan 11 September berduel dengan Arab Saudi. Selain mengikuti turnamen tersebut, skuad ‘Garuda Muda’ juga akan melawan Qatar, BosniaHerzegovina, serta Dinamo Zagreb selama di Kroasia. TC di Kroasia dijadwalkan berlangsung hingga akhir September. (PSSI/Mal/R-2)

BERITA TERKAIT