06 August 2019, 18:00 WIB

Bekuk Persija, PSM Tuntaskan Penantian 19 Tahun


Lina Herlina | Sepak Bola

PSM Makssar berhasil memecundangi Persija Jakarta dengan skor 2-0 pada leg kedua final Piala Indonesia yang digelar di kandang PSM Makassar, di Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging.

Kemenangan membawa tim berjuluk Juku Eja tersebut pada gelar yang sudah dinanti selama 19 tahun. Kemenangan itu juga merupakan kemenangan Juku Eja yang pertama atas tim Macan Kemayoran di level nasional.

Hasil kemenangan dua gol tanpa balas membuat PSM unggul jumlah agregat gol atas Persija 2-1. Sebelumnya pada leg pertama yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Persija menang tipis 1-0.

Dua gol PSM diciptakan oleh Aaron Evans dan Zulham Zamrun pada menit ke-3 dan 49. Kedua gol dicetak lewat sundulan kepala yang mampu membobol gawang kiper Andritany Adhiyaksa.

Persija Jakarta yang bermain dengan 10 pemain sejak pertengahan babak pertama sebetulnya mampu pula memberikan tekanan. Wasit Fariq Hitaba mencabut satu kartu merah untuk pemain Persija Jakarta Sandi Sute pada menit ke-32 lantaran melanggar lalu menggunting kaki kapten kesebelesan PSM Makassar Wiljan Pluim.

Anak asuhan Julio Banuelos bahkan beberapa kali membahayakan pertahanan PSM Makassar setelah pemain senior Bambang Pamungkas masuk. Namun, permainan lewat sisi sayap yang dibangun Macan Kemayoran tidak bisa berkembang dengan hanya 10 pemain.

Pada laga tersebut, total sebanyak 12 kartu kuning dan satu kartu merah dikeluarkan wasit Fariq. (X-12)

BERITA TERKAIT