15 February 2019, 19:21 WIB

Debut Pelatih Baru, PSM Buru Kemenangan dari Perseru


Satria Sakti Utama | Sepak Bola

PERTANDINGAN leg pertama babak 16 besar Piala Indonesia melawan Perseru Serui pada Sabtu (16/2) akan menjadi laga debut bagi pelatih baru PSM Makassar, Darije Kalezic.

Lebih istimewa lagi karena debut pelatih berdarah Bosnia-Swiss ini akan digelar di kandang sendiri, yakni di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Sulawesi Selatan.

Kalezic mengaku telah mempersiapkan timnya dengan baik. Ia telah memoles dari lini per lini timnya termasuk mematangkan skema bertahan.

Pelatih 46 tahun ini memang memberikan perhatian khusus untuk sektor belakang karena musim lalu kebobolan banyak gol. PSM tercatat 42 kali kemasukan sepanjang Liga 1 2018.

Baca juga : PS Tira jejakkan Kaki di babak 16 Besar Piala Indonesia

"Kami telah melatih semua aspek dan terakhir ialah cara bertahan karena ini yang menjadi perhatian saya. Saya melihat perkembangan sangat bagus dan senang akan hal itu," kata Kalezic.

Akan tetapi, debut Kalezic tidak akan terlihat mudah karena beban yang ditinggalkan Robert Rene Alberts.

Semasa dipimpin Alberts, PSM tak pernah menelan kekalahan dari Perseru Serui semenjak kompetisi berubah nama menjadi Liga 1. Juku Eja, julukan PSM, meraih tiga kemenangan dan sekali seri.

Kalezic kemungkinan akan memainkan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan duet penyerang Wiljan Pluim dan Eero Markkanen.

Nama terakhir menjadi pemain kunci ketika mengalahkan Kalteng Putra di leg kedua babak 32 besar beberapa waktu lalu. Markkanen mencetak gol tunggal sekaligus memastikan kemenangan aggregat 3-1.

"Ini baru awal dari kami sebelum melalui perjalanan yang panjang. Yang pasti saya akan memainkan pola permainan sesuai dengan karakter tim," imbuhnya.

Di sisi lain, Perseru Serui datang ke Makassar dengan kekuatan terbatas. Mereka hanya membawa 15 pemain dalam laga ini.

Apalagi Perseru dihadapkan masalah internal dengan kabar pembubaran tim dan tak akan meneruskan kiprah mereka di Liga 1 2019.

"Harus diakui beban kami sangat berat. PSM menang di Marora dua kali dan kami selalu setengah mati untuk mencuri poin di sini. PSM pun jauh lebih siap," kata pelatih Perseru Choirul Huda. (OL-8)

BERITA TERKAIT