03 June 2020, 05:22 WIB

Jiwa Penolong Anjing


ScienceDaily/Nur/X-10 | Sela

PENELITI di Arizona State University, AS, membuat percobaan untuk menilai kecenderungan dari 60 anjing peliharaan menyelamatkan pemiliknya.

Dalam tes utama, setiap pemilik anjing dikurung di sebuah kotak besar yang dilengkapi pintu ringan yang bisa disingkirkan anjing. Para pemilik kemudian berpura-pura dalam kondisi bahaya dan meminta tolong dengan tidak menyebut nama anjing mereka. “Sekitar sepertiga dari anjing menyelamatkan pemiliknya yang tertekan,” kata peneliti Joshua Van Bourg.

Dalam tes kontrol, ketika anjing melihat seorang peneliti menjatuhkan makanan ke dalam kotak, lebih banyak anjing yang memilih menyelamatkan pemiliknya ketimbang mengambil makanan. Hanya 19 dari 60 anjing yang membuka kotak untuk mendapatkan makanan. “Sebanyak 84% dari mereka menyelamatkan pemiliknya,” urainya.

“Penelitian ini menunjukkan anjing benar-benar peduli terhadap orang-orang. Bahkan tanpa pelatihan, banyak anjing akan mencoba dan menyelamatkan orang yang tampaknya dalam kesulitan,” kata peneliti lainnya, Clive DL Wayne. (ScienceDaily/Nur/X-10)

BERITA TERKAIT