31 October 2020, 15:45 WIB

Jokowi Kecam Sikap Macron yang Hina Islam


Andhika prasetyo | Internasional

PPRESIDEN Joko Widodo atau biasa dispa Jokowi mengecam keras tindakan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang terang-terangan menghina Islam.

Hal tersebut telah melukai seluruh perasaan umat muslim dan berpotensi besar memecah belah persatuan antarumat beragama di dunia.

Jokowi mengungkapkan kebebasan berekspresi sah-sah saja dilakukan namun tentu tetap harus ada batasan-batasan yang diperhatikan.

"Jangan sampai kebebasan berekspersi mencederai kehormatan, kesucian serta kesakralan nilai-nilai dan simbol agama? Ini sama sekali tidak bisa dibenarkan dan harus dihentikan," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (31/10).

Ia juga meminta Macron menarik ucapannya yang mengaitkan Islam dengan terorisme.

"Mengaitkan agama dengan terorisme adalah sebuah kesalahan besar. Terorisme adalah terorisme. Teroris adalah teroris. Terorisme tidak ada hubungannya dengan agama apa pun," tegas kepala negara.

Sebagai salah satu negara multikultural terbesar, Indonesia mengajak masyarakat dunia untuk mengedepankan kesatuan dan toleransi beragama demi membangun dunia yang lebih baik di masa depan. (OL-13)

Baca Juga: Erdogan Ejek Macron, Prancis Tarik Duta Besar dari Turki

BERITA TERKAIT