30 October 2020, 22:19 WIB

Gempa Turki Sebabkan Tsunami Kecil


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Internasional

SURVEI Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan gempa 7,0 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer (km) berpusat di Provindi Izmir, Turki (pejabat Turki menyebutkan kekuatan gempa6,6 SR dengan kedalaman 16 km)

Gempa dangkal tersebut dilaporkan telah memicu tsunami kecil yang membanjiri Izmir dan pelabuhan Samos di Yunani. Ada laporan banjir di kota itu setelah permukaan laut naik, dan beberapa nelayan dikatakan hilang. Penduduk pulau didesak untuk menjauh dari daerah pesisir.

Laporan mengatakan gempa Jumat juga dirasakan di pulau Kreta Yunani.Selain itu gempa dirasakan pula di Athena dan Istambul.Turki dan Yunani sama-sama berada di garis patahan dan gempa bumi biasa terjadi. Di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki, banyak orang terlihat berlarian ke jalan-jalan karena panik dan ketakutan setelah gempa melanda.

Baca juga : Gempa 7,0 SR Guncang Turki, 4 Tewas 120 Luka

Selain laporan sementara menyebutkan gempa menewaskan 4 orang dan 120 luka, merusak 20 bangunan hingga runtuh.

Video telah diposting di media sosial yang tampaknya menunjukkan momen ketika satu gedung bertingkat runtuh. Rekaman lain menunjukkan orang-orang lokal berebut di atas puing-puing mencari korban selamat.

Seperti diketahui,  Januari lebih dari 30 orang tewas dan lebih dari 1.600 lainnya terluka ketika gempa bumi melanda Sivrice di provinsi Elazig timur Turki.

Pada Juli 2019, ibu kota Yunani, Athena, dilanda gempa bumi itu mematikan listrik ke sebagian besar kota.

Sebuah gempa kuat yang melanda kota Izmit di Turki, dekat Istanbul, pada tahun 1999 menewaskan sekitar 17.000 orang. (BBC/OL-2)

 

 

BERITA TERKAIT