30 October 2020, 20:00 WIB

Pesenam Jepang Uchimura Dinyatakan Positif Covid-19


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PESENAM Jepang Kohei Uchimura dinyatakan positif covid-19, sepuluh hari sebelum ia dijadwalkan mengambil bagian dalam event international senam yang menjadi event olahraga uji coba sebagai persiapan Jepang menjelang Olimpiade Tokyo tahun depan.

Kejuaraan itu akan menjadi acara international pertama yang diadakan di lokasi Olimpiade Tokyo, sejak penundaan pada Maret karena pandemi covid-19, sejumlah atlet dari negara lain seperti Tiongkok, Rusia dan Amerika Serikat direncanakan akan hadir dalam kejuaraan tersebut.

Penyelenggara menyatakan belum ada kejelasan, terkait apakah Uchimura yang merupaka peraih emas Olimpiade tiga kali itu, akan mundur dari kejuaraan yang akan digelar 8 NOvember mendatang atau tidak.

Presiden Federasi Senam International, Morinari Watanabe mengatakan kondisi Uchimura terlihat baik dan tidak menunjukan gejala. "Dia dalam kondisi yang stabil," ucap Watanabe.

Watanabe mengatakan Uchimura saat ini sedang mengisolasi mandiri di kamarnya, di pusat pelatihan nasional, yang juga merupakan tempat tim senam Jepang tinggal selama seminggu terakhir.

Disebutkan, pesenam berusia 31 tahun itu akan selalu di pantau selama enam hari kedepan. Dia akan menjalani tes covid-19 kembali pada 4 dan 5 november. Jika negatif, dia tetap dapat mengikuti kejuaraan.

Watanabe pun menegaskan, saat ini semua anggota tim Jepang lainnya dinyatakan negatif dan akan kembali dilakukan tes untuk lebih memastikan kembali kondisi para atlet.

"Saat ini hanya Uchimura, jika kita tahu itu menyebar ke seluruh tim, pada saat itu mungkin mereka akan dinyatakan mundur," tuturnya. (JapanToday/OL-13)

BERITA TERKAIT