30 October 2020, 18:25 WIB

Pandemi Covid-19, Perawat Mulai Kelelahan


Atalya Puspa | Humaniora

DELAPAN bulan sudah pandemi covid-19 berlangsung, Ketua Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI) Harif Fadhillah mengungkapkan, kondisi perawat saat ini sudah banyak yang mulai kelelahan.

Berdasarkan data yang dihimpun PPNI, kata Harif, sebanyak 2.800 perawat terinfeksi covid-19, dan 104 diantaranya wafat.

"Dari situ kita bisa lihat bahwa makin banyak yang terinfeksi, maka makin banyak yang tidak bisa memberikan pelayanan," kata Harif dalam Focus Group Discussion yang diadakan Media Indonesia, Jumat (30/10).

"Maka perawat yang tidak terinfeksi sekarang juga makin berat tugasnya. Efek dominonya dia bisa double shift. Ini problem kita yang muncul dengan tingginya angka infeksi," imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar keselamatan perawat semakin diperhatikan oleh pemerintah. Berbagai upaya harus dilakukan mulai dari penyediaan logistik yang memadai, pemeriksaan swab gratis, pemberian insentif, hingga pendampingan psikologis.

"Kami beberapa kali advokasi ini kepada kepala BNPB. Responnya baik. Saat ini ada pemeriksaan swab gratis di Jabodetabek dan kita harap sampai 10 provinsi. Ini salah satu upaya agar keselamatan nakes bisa terjaga," bebernya. (H-2)

BERITA TERKAIT