30 October 2020, 17:50 WIB

Dishub DKI Antisipasi Arus Balik Libur Panjang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DARI pantauan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, pergerakan atau mobilitas warga Jakarta mengalami kenaikan di masa libur panjang akhir Oktober ini.

Peningkatan pergerakan warga khususnya dimulai pada Rabu (28/10) lalu. Jumlah kendaraan yang bergerak menuju ke luar wilayah Jakarta lewat jalan tol hampir 190 ribu kendaraan.

"Untuk puncak arus mudik selama libur panjang terjadi pada 28 Oktober. Jumlah kendaraan bermotor ke luar Jakarta untuk di jalan tol itu mencapai puncaknya," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Jumat (30/10).

Baca juga: 12 Ribu Calon Penumpang KA Rapid Test di Gambir dan Pasar Senen

Kenaikan jumlah kendaraan, lanjut dia, sekitar 22% dari hari sebelumnya. Sementara itu, jumlah angkutan umum menuju luar wilayah Ibu Kota juga meningkat 31%.

Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan ialah arus balik. Sebab, masyarakat diprediksi melakukan perjalanan balik pada waktu bersaman.

"Tentu ini kita antisiapsi, arus baliknya itu. Sebenarnya yang harus diantisipasi di tengah pandemi covid-19, bagaimana interaksi warga yang balik. Sehingga, tidak terjadi penularan virus,” tutup Syafrin.(OL-11)

BERITA TERKAIT