30 October 2020, 15:48 WIB

Epidemiolog Ingatkan Anies Waspada Klaster Liburan


Hilda Julaika | Megapolitan

GUBERNUR Anies Baswedan dingatkan untuk waspada adanya klaster liburan. Pasalnya mulai dari 28 Oktober hingga 1 November ini ada libur panjang. Momen ini menjadi rawan penyebaran covid-19.

“Potensi yang besar itu terutama dari pasca liburan ini yang akan terlihatnya sebulan lagi,” kata Ahli epidemiologi Dicky Budiman saat dikonfrimasi mediaindonesia.com, Jumat (30/10).

Sehingga akan rawan adanya penambahan kasus harian secara tiba-tiba. Pemprov DKI Jakarta diminta untuk menggecarkan testing dan contact tracing (pelacakan kontak) untuk mengidentifikasi kasus.

Baca juga : Libur Panjang, Sudin Dukcapil Jaksel Buka Layanan Kependudukan

Anies sendiri sudah mewanti-wanti warga Jakarta dalam menghadapi libur panjang. Karena bisa memicu adanya klaster liburan dan klaster keluarga. Hal ini berkaca pada libur panjang di bulan Agustus lalu yang menimbulkan lonjakan kasus.

“Pengalaman di bulan Agustus, ketika ada libur panjang terjadi lonjakan kasus 2 pekan berikutnya. Pola yang sama ditemukan di bulan Mei. Jadi kami anjurkan masyarakat utnuk tetap di rumah saja dan taati seluruh protokol kesehatan,” kata Anies.

“Virus tidak memilih lokasi penularan. Ruang public bisa kami awasi. Tapi ruang-ruang privat (keluarga) perlu kerjasama seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga,”pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT