30 October 2020, 15:25 WIB

Basarnas Yogyakarta Siaga Bantu Wisatawan


Agus Utantoro | Nusantara


GUNA mengamankan libur panjang akhir pekan, Kantor Basarnas Yogyakarta menyiagakan 56 personel. Mereka disebar di sejumlah titik di
Kawasan objek wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Khusus di Kawasan Pantai Gua Cemara, Kabupaten Bantul, petugas melakukan patroli dengan menggunakan kuda. Basarnas dapat pinjaman kuda dari warga setempat," kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, L Wahyu Efendi, Jumat (30/10).

Basarnas Yogyakarta mengimbau wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 dan mematuhi rambu serta arahan agar tidak mandi di pantai. "Kami juga memasang spanduk imbauan untuk
mentaati protokol kesehatan dan imbauan untuk tidak bermain atau
berenang di laut," ujarnya.

Relawan Merapi Siaga

Sementara di Desa Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, aparat desa menyiagakan relawan Merapi untuk ikut mengamankan para wisatawan. "Libur panjang ini banyak wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek di Cangkringan. Ada banyak objek wisata di Kepuharjo yang semuanya menarik," kata Lurah Kepuharjo, Heri Suprapto.

Untuk mendukung pengamanan bagi wisatawan, jelasnya, relawan ditempatkan di berbagai titik strategis. Tindakan itu dilakukan karena dalam beberapa hari terakhir, aktivitas vulkanis Gunung Merapi juga meningkat. Relawan juga sudah memasang petunjuk arah evakuasi. (N-2)

 

BERITA TERKAIT