30 October 2020, 10:15 WIB

Dukcapil Kejar Target Cetak KTP-E Sebelum Pilkada


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) tetap melayani perekaman data kependudukan dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E) selama cuti bersama Rabu-Kamis (28-29/10/2020). Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan pelayanan tersebut tetap dilakukan di 318 Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota secara serentak.

Tujuannya untuk melakukan pelayanan jemput bola (Jebol) mendatangi masyarakat dalam perekaman data KTP-E, sekaligus mencetak data print ready record (PRR) menjadi KTP elektronik dan langsung diterima masyarakat saat itu juga.

"Ini dihelat demi menyukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2020," ujar Zudan di Jakarta, Kamis (29/10) malam.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Dukcapil, saat ini cakupan perekaman KTP-E baru 98% atau 189.676.771 jiwa dari 192 juta penduduk wajib KTP. Untuk mengejar target cakupan perekaman yang lebih tinggi, ujar Zudan, para Kepala dinas Dukcapil diminta segera menuntaskan perekaman dan pencetakan KTP-E. Pasalnya persyaratan pemilih dapat memberikan hak suara mereka dalam pilkada salah satunya ialah mempunyai KTP-E.

Baca juga: KPU : Tanpa KTP-El tidak Bisa Memilih saat Pilkada

Dalam dua hari pelayanan selama cuti bersama, Zudan mengatakan sebanyak 10.276 warga sudah direkam datanya hingga PRR. Lalu mereka yang sudah melakukan perekaman data, namun belum memiliki KTP-E, kini sudah tercetak sebanyak 34.551 KTP-E yang dibagikan di tempat secara langsung.

Selain itu, pihaknya mencatat ada 20 Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota dengan transaksi pembuatan akta, kartu keluarga, surat pindah, perekaman dan pencetakan KTP-E tertinggi.

Daerah tersebut adalah Disdukcapil Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bengkalis, Tanjung Jabung Timur, Tulang Bawang, Sudin Dukcapil Kota Jakarta Barat, Disdukcapil Kota Tangerang, Serang, Lebak, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Subang, Brebes, Lumajang, Banyuwangi, Kota Surabaya, Buleleng, Kutai Kertanegara, Bantaeng, dan Bone.(OL-5)

BERITA TERKAIT