30 October 2020, 02:00 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 21 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

PASIEN positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (29/10), bertambah 21 orang dan satu di antaranya meninggal dunia. Sedangkan satu pasien positif yang dirawat dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Sementara itu, jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Klaten kini bertambah menjadi 846 orang. Sebanyak 718 orang sembuh, 118 menjalani perawatan di rumah sakit/isolasi mandiri, dan 31 orang meninggal dunia.

Baca juga: Gubernur Sumut Larang Warganya Jual Sertifikat Tanah dari Jokowi

"Pasien positif bertambah 21 orang dan satu di antaranya meninggal. Tetapi, ada satu pasien yang sembuh," kata Cahyono Widodo, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis (29/10).

Penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 21 orang itu berasal dari Kecamatan Klaten Utara, Klaten Selatan, Klaten Tengah, Karangdowo, Ceper, Trucuk, Prambanan, Kalikotes, Delanggu, Juwiringm, dan Polanharjo.

Menurut Cahyono, penambahan 21 pasien positif baru diketahui sembilan orang di antaranya kontak erat kasus positif, delapan terpapar saat beraktivitas di Klaten, dan empat orang lainnya tertular di luar daerah.

"Saat ini, dari 21 pasien baru terkonfirmasi positif, tujuh dirawat intensif di rumah sakit, dan 13 pasien lainnya menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Adapun satu pasien meninggal dunia," bebernya.

Kemudian, satu pasien sembuh setelah menjalani isolasi mandiri, adalah warga Kecamatan Prambanan. Sekalipun sudah sembuh, ia diminta untuk melakukan isolasi di rumah minimal tujuh hari agar benar-benar kembali sehat.

"Untuk antisipasi dan pencegahan covid-19, kami mengimbau agar masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat," pesan Cahyono. (OL-6)

BERITA TERKAIT