30 October 2020, 00:00 WIB

Alternatif Obat Covid-19


MI | Humaniora

PENCARIAN obat covid-19 terus diupayakan oleh para ahli sambil menunggu kepastian produksi vaksin. Menurut dokter dari Departemen Penelitian dan Pengembangan PT Harsen Laboratories, Herman Sunaryo, penggunaan obat anthelmintik (obat infeksi cacing) Ivermectin dapat menjadi alternatif untuk pengobatan covid-19.

“Masyarakat mungkin tidak tahu Ivermectin ini karena di Indonesia obat ini lebih sering untuk veteriner. Namun, keprihatinan terhadap pasien covid-19 yang meninggal tanpa obat telah menggerakkan para dokter di Peru, Dominica, Bangladesh, dan India untuk  menggunakan  Ivermectin,” ujar Herman dalam keterangannya di Jakarta.

Ia mengatakan, selain sudah off paten, obat tersebut dapat digunakan oleh manusia dan harganya juga murah, aman, dan efektif. Sejumlah negara di Amerika Selatan juga telah menggunakan Ivermectin sebagai pengobatan dan tindakan pencegahan setelah penelitian laboratorium awal menunjukkan bahwa obat itu dapat menghilangkan covid19. Ivermectin sendiri sering dipakai untuk pengobatan infeksi parasit. (Ant/H-1)

BERITA TERKAIT