29 October 2020, 21:45 WIB

DPW NasDem Sulteng Bantu Siswa Belajar Daring


mediaindonesia.com | Nusantara

DEWAN Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meluncurkan program wifi gratis untuk siswa sekolah di Kota Palu. Program ini dihadirkan karena prihatin melihat banyak siswa yang kesulitan mengakses pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi covid -19.

Terlebih bagi siswa tergolong kurang mampu lantaran orangtuanya mengalami keterbatasan ekonomi. Dalam pemasangannya, DPW NasDem bekerja sama dengan calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura serta calon Wali Kota Palu Aristan.

"Ini sebagai bentuk menjembatani agar para siswa bisa tetap belajar di saat pandemi covid -19. DPW meluncurkan Program WiFi Gratis untuk Siswa Sekolah," ujar Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Ahmad M Ali di Kota Palu, Kamis (29/10).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa gerakan itu akan dilakukan secara serentak yang menghasilkan 23 spot wifi gratis se-Kota Palu. Mulai dari Kecamatan Palu Barat, Palu Timur, Palu Utara, dan Kecamatan Palu Selatan.

Serta Kecamatan Tatanga, Ulujadi, Mantikulore, Tawaeli hingga Peme. Di samping itu tidak akan menutup kemungkinan akan terus bertambah hingga ke kabupaten lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah.

Melalui gerakan itu, DPW NasDem Provinsi Sulteng memfasilitasi layanan jaringan internet nirkabel (wifi) secara cuma-cuma bagi anak sekolah. Fasilitas internet gratis tersebut dipasang di rumah-rumah warga, hunian sementara (huntara), hunian tetap (huntap).


Baca juga: Angka Kesembuhan Covid-19 di Denpasar Lampaui Kasus Baru


Ahmad Ali menyampaikan program wifi gratis untuk siswa sekolah itu sengaja diupayakan sebagai respons Partai NasDem terhadap masalah sosial yang dialami masyarakat selama pandemi covid-19. Karenanya, dia menilai PJJ secara daring masih menyisakan banyak persoalan di tengah masyarakat.

Dari banyaknya masalah yang muncul, dia melihat kebutuhan kuota internet adalah di antara persoalan yang sering dikeluhkan siswa maupun orang tua. Program ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab sosial Partai NasDem demi menyelamatkan dan mencerdaskan anak bangsa.

"Program wifi gratis untuk siswa sekolah yang telah mulai dilakukan di berbagai daerah itu juga mendapat apresiasi positif dari siswa dan orangtua siswa karena telah membantu melancarkan sekolah daring  yang menuntut kebutuhan akses internet," pungkasnya.

Menanggapi demikian, salah satu orangtua siswa yang tinggal di Huntara Petobo, Amu, mengatakan dirinya merasa sangat terbatu dengan adanya Program Wifi Gratis Partai NasDem. Menurutnya, Partai NasDem melalui Rusdy Mastura dan Aristan mengetahui betul apa yang menjadi keluhan orangtua murid.

Terutama soal memfasilitasi anak dalam mengikuti belajar daring. Oleh karenanya, dia berharap program tersebut bisa terus berjalan meski nanti masa pandemi covid-19 usai.

"Bagus ya program yang sudah membantu anak saya dan para pelajar lainnya belajar online. Kami ingin Ada program ini bisa terus berlanjut sampai Pak Rusdy jadi Gubernur Sulteng," tutup Amu. (RO/S-2)

BERITA TERKAIT