29 October 2020, 19:10 WIB

Sambut Olimpiade, Jepang Siapkan Layanan Medis di Kampung Atlet


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PENYELENGGARA Olimpiade Tokyo dan pemerintah Jepang tengah mempersiapkan layanan kesehatan di perkampungan atlet.

Upaya itu untuk menjamin kesehatan seluruh pihak yang terlibat dalam Olimpiade Tokyo pada 2021 mendatang. Nantinya, layanan kesehatan selama pesta olahraga akbar diberi nama Komite Pusat Pengendalian Penyakit Menular.

Adapun layanan kesehatan akan rutin memantau kasus covid-19 di lingkungan perhelatan Olimpiade. Mulai dari tes covid-19, pelacakan kasus, pengaturan isolasi, hingga pengobatan jika ditemukan kasus positif.

Baca juga: Olimpiade Ditunda, Atlet Anggar Jepang Jadi Pengantar Makanan

"Selama Olimpiade berlangsung, layanan kesehatan akan berfungsi melakukan tindakan anti-infeksi. Nantinya, bekerja sama dengan otoritas kesehatan setempat dan juga rumah sakit di sekitar kampung atlet," jelas Kepala Eksekutif Olimpiade Tokyo Toshiro Muto.

Pihak penyelenggara dan pemerintah Jepang menyatakan layanan kesehatan akan dikelola sejumlah ahli medis. Lokasinya dibuat terpisah dari klinik dan rumah sakit, agar lebih fokus menangani atlet, staf pendukung, media dan pihak lain yang terlibat dalam Olimpiade.

Mengingat banyak negara yang mengalami gelombang kedua covid-19, muncul kekhawatiran terhadap penyelenggaraan Olimpiade Tokyo pada tahun depan. Namun, otoritas di Jepang meyakini bahwa pesta olahraga empat tahunan itu bisa digelar dengan aman.(JapanToday/OL-11)

BERITA TERKAIT