29 October 2020, 17:57 WIB

Menhub Wanti-wanti Arus Balik Libur Panjang pada 1 November


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan kepada masyarakat bahwa puncak arus balik libur panjang Maulid Nabi diprediksi terjadi pada 1 November mendatang. Ia mewanti-wanti agar warga tidak pulang secara barengan.

“Seyogyanya jangan pulang bersama-sama di tanggal 1 November, karena akan penuh sekali. Saya harapkan ada yang bisa pulang lebih awal,” ungkap Budi dalam keterangan resminya, Kamis (29/10).

Budi menyebut, berdasarkan laporan PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah Daop I Jakarta, puncak balik kedatangan penumpang ke Stasiun Pasar Senen diperkirakan terjadi tanggal 1 dan 2 November 2020, dengan jumlah tiket penumpang yang sudah terjual mencapai lebih dari 4.000 tiket perharinya.

Disebutkan, PT KAI Daop I Jakarta sudah memberangkatkan total 9.563 penumpang dengan 11 perjalanan kereta api per hari dari Stasiun Pasar Senen. Tujuan favorit penumpang kereta api pada masa libur panjang ini diantaranya adalah Yogyakarta, Purwokerto, serta Bandung.

Sementara itu, jumlah penumpang di Terminal Kampung Rambutan mengalami kenaikan sebesar 30 persen. Adapun jumlah keseluruhan penumpang yang diangkut pada 1-28 Oktober 2020 berjumlah 78.242 penumpang.

Terpisah, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan, puncak arus balik di bandara tersebut diperkirakan terjadi pada 30 Oktober dan 1 November 2020.

Personel, ungkapnya, disiapkan di sejumlah titik guna memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Personel di bandara tersebut mengantisipasi di sejumlah titik seperti area check-in, security check point, boarding lounge.

"Proses disinfeksi di seluruh terminal dilakukan berkala, serta pengawasan di ruang CCTV juga dilakukan 24 jam,” ujar Agus. (OL-4)

BERITA TERKAIT